Modenas Ninja 250, Kloning dari Kawasaki Asal Malaysia?

Modenas Ninja 250, Kloning dari Kawasaki Asal Malaysia?

Nama Ninja tentu sudah sangat lekat dengan pabrikan motor berciri khas warna hijaunya, yakni Kawasaki. Namun, ada yang berbeda di Malaysia.

Di sana, hadir sebuah motor bernama Modenas Ninja 250 yang dipamerkan di MITI (Malaysia International Trade and Industry). Lalu, apakah motor ini adalah kloning dari Kawasaki Ninja 250?

Modenas merupakan pabrikan lokal asal Malaysia yang sebelumnya merakit Kawasaki Ninja 250 di sana. Jadi, Modenas Ninja 250 adalah produk rebadge dari Kawasaki Ninja 250.

   Baca Juga: Tim Moto2 'Indonesia' Kantongi Banyak Kemajuan di Tes Jerez

Modenas Ninja 250 sendiri kemudian menjadi hasil kolaborasi keduanya setelah Kawasaki memutuskan untuk hengkang dari pasar motor Malaysia.

Modenas Ninja 250

 

Namun kabarnya, Kawasaki tak sepenuhnya pergi dari negeri tersebut. Seperti diberitakan Paultan, Kawasaki Heavy Industries (KHI) saat ini memiliki 30 persen saham Modenas. Oleh karena itu, nantinya produk Kawasaki akan tetap dirakit dan dijual resmi oleh Modenas.

Meskipun dipasarkan oleh Modenas, tak ada perbedaan signifikan pada Ninja 250 ini. Perbedaan mencolok hanya terlihat dengan hilangnya nama Kawasaki pada bagian depan motor tersebut. Tetapi, di beberapa komponen seperti bodi samping dan mesin masih terdapat nama Kawasaki.

Modenas Ninja 250

 

Selain itu, mengawali debutnya, Modenas Ninja 250 hadir dengan tampilan warna hitam serta perpaduan aksen abu-abu serta emas.

   Baca Juga: Tim HRC Luncurkan Tampilan Baru CBR1000RR-R WorldSBK 2020

Secara spesifikasi, tak ada yang berbeda antara Ninja 250 buatan Kawasaki atau Modenas. Motor ini masih dibekali mesin dua silinder, DOHC, 8-katup dengan kapasitas 249 cc. Tenaga maksimum yang mampu dihasilkannya sebesar 36,5 dk pada 12.500 rpm dan torsi puncak 23 Nm pada 10.500 rpm.

Sayangnya belum ada pengumuman harga resmi Modenas Ninja 250. Kabarnya motor ini akan dibanderol lebih murah dibandingkan saat masih menggunakan nama Kawasaki Ninja 250.

Modenas Ninja 250

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id