Motor Listrik Monowheel Mampu Lebihi Kecepatan 100 Km/Jam

Motor Listrik Monowheel Mampu Lebihi Kecepatan 100 Km/Jam

Jika berbicara motor, langsung terbayangkan kedua roda yang bersentuhan dengan jalan sebagai penggeraknya. Namun kali ini hadir motor listrik yang sedikit berbeda karena hanya memiliki satu ban saja, yakni EV360. Motor satu roda alias monowheel ini dibuat oleh mahasiswa dan berniat untuk memecahkan rekor dunia.

Dilansir dari Electrek, Mahasiswa Duke University yang terdiri dari Anuj Thakkar, Calro Lindner, Ahmed Fouad, dan Fran Ramano membangun EV360 ini. Dalam tim ini disebutkan terdapat mantan insinyur Tesla dan insinyur SpaceX.

   Baca Juga: INTERMOT, Pameran Otomotif Motor di Jerman Dibatalkan

Mengenai Monowheel EV360 ini dibangun menggunakan baterai polimer lithium 72V 22 Ah dengan kapasitas 1,58 kWh. Motor listrik ini dibangun untuk kecepatan, bukanlah untuk jarak maksimum. Sehingga diperkirakan jika menempuh kecepatan konstan di 32 km/jam hanya akan menempuh jarak sekitar 14,2 km saja.

Monowheel EV360

Sementara itu, Monowheel EV360 ini digerakkan dengan motor listrik bertenaga 11 kW (14,75 dk) dan 23 kW (31 dk). Kedua penggerak listrik tersebut dirancang untuk mendorong roda dengan kecepatan melebihi 112 km/jam.

   Baca Juga: Dikenal Sebagai Merek Mobil Mewah, Bentley Bakal Produksi Motor?

Akan tetapi, untuk memecahkan rekor sebagai monowheel tercepat, EV360 perlu dikembangkan lebih jauh. Pasalnya rekor sebelumnya mencatat monowheel bertenaga gas menempuh 72,9 mph alias 117 km/jam. Para pengembang EV360 juga harus memperhitungkan sejumlah hal karena monowheel mudah untuk terjadinya kecelakaan di kecepatan tinggi.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id