Motor Listrik Monowheel Mampu Lebihi Kecepatan 100 Km/Jam

Motor Listrik Monowheel Mampu Lebihi Kecepatan 100 Km/Jam
Sabtu, 20 Juni 2020 14:00
Brian

Jika berbicara motor, langsung terbayangkan kedua roda yang bersentuhan dengan jalan sebagai penggeraknya. Namun kali ini hadir motor listrik yang sedikit berbeda karena hanya memiliki satu ban saja, yakni EV360. Motor satu roda alias monowheel ini dibuat oleh mahasiswa dan berniat untuk memecahkan rekor dunia.

Dilansir dari Electrek, Mahasiswa Duke University yang terdiri dari Anuj Thakkar, Calro Lindner, Ahmed Fouad, dan Fran Ramano membangun EV360 ini. Dalam tim ini disebutkan terdapat mantan insinyur Tesla dan insinyur SpaceX.

   Baca Juga: INTERMOT, Pameran Otomotif Motor di Jerman Dibatalkan

Mengenai Monowheel EV360 ini dibangun menggunakan baterai polimer lithium 72V 22 Ah dengan kapasitas 1,58 kWh. Motor listrik ini dibangun untuk kecepatan, bukanlah untuk jarak maksimum. Sehingga diperkirakan jika menempuh kecepatan konstan di 32 km/jam hanya akan menempuh jarak sekitar 14,2 km saja.

Monowheel EV360

Sementara itu, Monowheel EV360 ini digerakkan dengan motor listrik bertenaga 11 kW (14,75 dk) dan 23 kW (31 dk). Kedua penggerak listrik tersebut dirancang untuk mendorong roda dengan kecepatan melebihi 112 km/jam.

   Baca Juga: Dikenal Sebagai Merek Mobil Mewah, Bentley Bakal Produksi Motor?

Akan tetapi, untuk memecahkan rekor sebagai monowheel tercepat, EV360 perlu dikembangkan lebih jauh. Pasalnya rekor sebelumnya mencatat monowheel bertenaga gas menempuh 72,9 mph alias 117 km/jam. Para pengembang EV360 juga harus memperhitungkan sejumlah hal karena monowheel mudah untuk terjadinya kecelakaan di kecepatan tinggi.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.