Polemik Knalpot Racing, Haruskah Diberantas Sampai ke Pedagang?

Polemik Knalpot Racing, Haruskah Diberantas Sampai ke Pedagang?
Rabu, 9 Desember 2020 11:00
Brian

Knalpot racing kerap menjadi polemik belakangan ini, pasalnya selain mengganggu pengendara lain juga dapat mengganggu kemampuan berkendara. Sayangnya, knalpot racing sudah lama menjamur baik dari pabrikan, produk impor, maupun buatan lokal. Lantas apa yang harus dilakukan untuk mengatasi polemik ini?

Jusri Pulubuhu selaku Instruktur Safety Riding Jakarta Defensive Driving Consultant mengatakan jika di luar negeri terdapat batasan kebisingan. Sehingga pengendara dapat menggunakan knalpot standar jika untuk penggunaan harian demi meredam polusi suara. Sedangkan di Indonesia, pada motor besar, kebanyakan sudah menggunakan knalpot racing sejak pertama membeli.

   Baca Juga: Kawasaki Meguro K3 Secara Resmi Diluncurkan di Jepang

"Permasalahannya kalau knalpot tersebut sudah dirubah, baik dari penjualnya yang rata-rata importir umum. Sehingga bunyinya itu tentu akan membuat orang terganggu," ujar Yusri saat dihubungi OtoRider beberapa waktu lalu. 

Ixil Knalpot

 

Jusri juga menyebutkan bahwa Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan aturan terkait batasan suara knalpot. Menurutnya saat ini perlu sosialisasi yang tegas dari pihak penegak hukum. Selain itu dirinya berpendapat hukuman juga tidak hanya diberikan pada penggunanya saja.

   Baca Juga: Berikut Aturan Wajib Menyalakan Lampu Utama di Siang Hari

"Sebenarnya sudah ada regulasi (di Indonesia), sekarang yang penting adalah sosialisasi dari aturan dan penegakan hukum. Penegakan hukumnya jangan partial, jangan pemotornya saja yang dihuku, tetapi dari sumbernya juga engga boleh, pedagang engga boleh jual," pungkasnya.

Sebagai tambahan informasi, knalpot racing memang kerap menjadi polemik konflik di Indonesia. Seperti yang viral beberapa hari lalu terjadi konflik pengemudi Daihatsu Ayla menabrak pengendara Honda CBR1000RR SP. Konflik tersebut dimulai ketika pengemudi Daihatsu Ayla yang merasa digeber atau terganggu oleh suara knalpot bising.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.