Ternyata Nenek Moyang Honda BeAT Sudah Hadir Sejak Tahun 1983

Ternyata Nenek Moyang Honda BeAT Sudah Hadir Sejak Tahun 1983

Honda BeAT merupakan skutik entry level paling laris yang diproduksi oleh Astra Honda Motor (AHM). Dengan populasi mencapai 17 juta unit di Indonesia, tentunya semua mengenal skutik yang satu ini. Tetapi masih banyak yang belum tahu mengenai nenek moyang Honda BeAT yang lahir pada tahun 1983.

Honda BeAT muncul pertama kali di dunia dengan sebutan Honda FC50. Dikenal dengan nama Honda Beat karena terdapat stiker 'Beat' pada batok yang melindungi speedometer. Karena lahir di tahun 80'an, tentunya motor ini memiliki tampilan yang retro.

Honda FC50

 

Dikutip dari revolvy, Honda FC50 memiliki mesin yang cukup kecil tetapi sangat bertenaga. Kapasitas mesinnya hanya 50 cc, 2-tak, dan sudah memiliki pendingin cairan. Spesifikasi ini membuat Honda FC50 menjadi motor pertama di dunia yang menggunakan pendingin cairan.

   Baca Juga: Bermesin Besar, Berapa Konsumsi Bahan Bakar Vespa GTS Super Tech 300?

Uniknya, Honda FC50 memiliki putaran mesin yang cukup tinggi, yakni mencapai 11.000 rpm. Dilengkapi transmisi CVT, motor ini dapat melaju  cukup kencang. Kabarnya kecepatan tertinggi dari motor ini mencapai 60 km/jam pada 11.000 rpm.

Honda FC50

 

Honda FC50 dibuat hanya untuk membawa satu orang penumpang pada waktu itu. Secara desain motor ini juga tidak memiliki kapasitas untuk membawa penumpang. Sayangnya motor ini diproduksi untuk pasar domestik Jepang saja.

   Baca Juga: Harley-Davidson LiveWire Mampu Tembus Ribuan Kilometer Dalam 24 Jam

Namun skutik 2-tak ini sempat diekspor keluar dari negara Jepang baik pada model baru dan bekasnya. Kendati demikian, motor ini sangat sulit ditemukan di pasaran saat ini. Honda FC50 dihadirkan hanya dalam tiga warna yakni merah, hitam, dan putih.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id