Tips Cek Volume Air pada Tipe Aki Basah, Jangan Lewati Batas Ini!

Tips Cek Volume Air pada Tipe Aki Basah, Jangan Lewati Batas Ini!
Selasa, 12 Mei 2020 13:00
Thio Pahlevi

Aki motor memiliki setidaknya dua tipe, yakni basah dan kering. Tak dapat dipungkiri, aki sendiri menjadi salah satu komponen penting pada sistem kelistrikan motor, khususnya motor bermesin injeksi.

Agar kinerja aki tetap optimal, pemeriksaan secara berkala tentunya perlu dilakukan. Nah, kali ini OtoRider akan memberikan tips untuk menjaga performa aki supaya selalu maksimal ketika digunakan, khususnya aki basah.

   Baca Juga: Wabah Covid-19, Tren Tipe Helm Apa yang Diminati?

Pada aki basah, pengecekan rutin yang perlu dilakukan adalah menjaga kondisi volume air aki. Hal ini pun dijelaskan langsung oleh Endro Sutarno selaku Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM).

Ilustrasi Aki

Menurut Endro, aki basah umumnya memiliki tanda batas jumlah debit air aki atau yang disebut upper lower. Para pemilik motor yang menggunakan aki basah dianjurkan untuk selalu memeriksa secara berkala terhadap jumlah debit air aki tersebut.

   Baca Juga: 5 Desain Motor dengan Konsep Aneh, Salah Satunya Mirip Drone

"Periksa jumlah debit air aki. Jika debit air kurang, maka diharuskan melakukan penambahan air aki sebatas garis upper yang tertera pada aki basah," jelas Endro dalam keterangan resmi yang diterima OtoRider.

Dengan melakukan hal tersebut, tentunya kinerja motor, terutama sistem kelistrikannya pun akan tetap bekerja dengan baik. Sehingga, akan meningkatkan keamanan serta kenyamanan dalam berkendara.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.