Kawasaki dan Yamaha Mulai Proyek Penelitian Mesin Hidrogen

Kawasaki dan Yamaha Mulai Proyek Penelitian Mesin Hidrogen

 

Kawasaki dan Yamaha telah memulai proyek penelitian bersama untuk mengembangkan mesin hidrogen. Beberapa perusahaan otomotif turut bergabung untuk menyelidiki penggunaan bahan bakar hidrogen pada mesin. Tujuannya adalah untuk mengembangkan bahan bakar bersih karbon-netral yang dapat digunakan dalam aplikasi roda dua dan roda empat.

Dilansir dari Visordown, pabrikan roda empat juga turut bergabung dalam penelitian proyek ini. Di antaranya Mazda, Subaru, dan Toyota, bekerja sama dengan Yamaha untuk penelitian bahan bakar hidrogen. Sementara perusahaan pengapian Jepang, Denso, fokus pada komponen suku cadang internal selain prototipe mesin.

   Baca Juga: VIDEO: Touring Royal Enfield Meteor 350 ke Geopark Ciletuh Sukabumi

Di sisi lain, Kawasaki telah memperhatikan bahan bakar hidrogen sejak tahun 2010 dan kini mengembangkan bahan bakar hidrogen cair pertama di dunia. Pabrikan hijau itu berencana untuk menyelesaikan prodk pada akhir tahun ini. Kabarnya Kawasaki sudah memiliki mesin statis yang menggunakan gas hidrogen dan bertujuan mengenalkannya ke mobil, motor, kapal, dan pesawat.

ilustrasi mesin hidrogen

Bukan hanya dua pabrikan asal Jepang, kabarnya Honda dan Suzuki akan segera bergabung di proyek tersebut. Dengan empat pabrikan motor terbesar di dunia, pencarian bahan bakar 'konvensional' netral karbon untuk mesin motor. Dalam keterangan resminya disebutkan demi memisahkan kolaborasi dan kompetisi, promosi akan dilakukan setelah penelitian.

   Baca Juga: KTM Rilis Duke 200 dan 250, Bagaimana Nasib RC 250?

Sebelumnya perkembangan Yamaha dan Toyota telah menciptakan mobil yang dilombakan di balapan ketahan di Suzuka, Autopolis. Dalam balapan tersebut, mobil hidrogen itu dikendarai langsung oleh CEO Toyota yakni Akio Toyoda.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id