Komparasi Konsumsi BBM TVS Callisto vs Suzuki NEX II

Komparasi Konsumsi BBM TVS Callisto vs Suzuki NEX II

 

TVS Callisto menjadi salah satu skutik entry level 110 cc yang hadir untuk konsumen di Indonesia. Skutik asal India ini secara tidak langsung bersaing dengan Suzuki NEX II yang memiliki kapasitas mesin yang sama. Di segmen ini konsumsi bahan bakar menjadi fokus utama dari para penggunanya, lantas bagaimana perbandingannya?

Sebelum membahas mengenai konsumsi bahan bakarnya, mari mengenal mesinnya terlebih dahulu. TVS Callisto memiliki mesin berkapasitas 109,7 cc, 1-silinder, 4-langkah, berpendingin udara. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 7,5 dk di 7.500 rpm dan torsi 8 Nm di 5.500 rpm.

   Baca Juga: Deretan Merek Motor yang Hadir di GIIAS Surabaya 2021, Ada Apa Saja?

Mengenai pengetesan konsumsi bahan bakar, TVS Callisto melakukan perjalanan sejauh 64 kilometer. Dari pengetesan dengan jarak tersebut, skutik asal India ini meminum bahan bakar sebanyak 0,98 liter saja. Dari angka tersebut menunjukkan TVS Callisto mampu menempuh jarak 65 km dengan 1 liter bahan bakar, alias 65 km/liter.

TVS Callisto 110

Sementara pada Suzuki NEX II menggendong mesin yang lebih kurangnya sama dengan TVS Callisto hanya saja tenaganya lebih besar. Suzuki NEX II menggunakan mesin 113 cc, SOHC, 2-katup, berpendingin udara. Mesin tersebut mampu mengeluarkan tenaga hingga mencapai 9,25 dk, sayangnya tidak terdapat keterangan yang lebih lengkap mengenai torsi dan putaran mesinnya.

   Baca Juga: Berikut Line-Up Honda dan Benelli di GIIAS Surabaya 2021

Namun untuk konsumsi bahan bakarnya, berada cukup jauh di bawah TVS Callisto. Berdasarkan pengetesan OtoRider dengan berkendara econo ride dan metode pengukuran full-to-full, NEX II hanya mencapai 49 km/liter. Angka tersebut terbilang cukup boros untuk sebuah skutik entry level.

 
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id