Konsumsi BBM TVS Callisto Lebih Irit dari Honda BeAT?

Konsumsi BBM TVS Callisto Lebih Irit dari Honda BeAT?

 

TVS Callisto merupakan skutik entry level yang ditawarkan oleh pabrikan asal India untuk pasar Indonesia. Motor ini dibekali mesin 110 cc yang ternyata sangat irit bahan bakar. Kira-kira berapa jarak yang dapat ditempuh oleh skutik tersebut dengan satu liter bensin?

Sebelum membahas mengenai konsumsi bahan bakarnya, mari mengenal mesinnya terlebih dahulu. TVS Callisto memiliki mesin berkapasitas 109,7 cc, 1-silinder, 4-langkah, berpendingin udara. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 7,5 dk di 7.500 rpm dan torsi 8 Nm di 5.500 rpm.

   Baca Juga: Konsumsi Bensin Yamaha All New NMax 155 Connected/ABS, 45,5 Km/Liter

Untuk mengetahui konsumsi bensinnya, pengetesan TVS Callisto menggunakan bahan bakar dengan oktan 92 dan teknik berkendara econo ride. Teknik berkendara econo ride adalah membatasi putaran mesin agar tidak terlalu tinggi. Sementara kecepatan selama pengetesan dibatasi tak lebih dari 70 km/jam saja.

TVS Callisto 110

Selanjutnya, pengetesan dilakukan dalam jarak mencapai 64 kilometer yang terdiri dari jalan macet, landai, hingga menanjak. Dari pengetesan dengan jarak tersebut, skutik asal India itu hanya meminum bahan bakar sebanyak 0,98 liter saja. Hasil pengetesan menunjukkan TVS Callisto mampu menempuh jarak 65 km dengan 1 liter bahan bakar, alias 65 km/liter.

   Baca Juga: Mengenal TVS Callisto, Skutik Entry Level Punya 10 Pilihan Warna

Sebagai tambahan informasi, TVS Callisto dijual dengan harga Rp 17.900.000 untuk pilihan warna standard. Sementara untuk pilihan warna premium dijual dengan harga Rp 18.900.000. Kedua harga tersebut merupakan patokan untuk on the road DKI Jakarta.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id