Mengenal Fitur yang Bikin Motor Irit Bensin, Idling Stop System

Mengenal Fitur yang Bikin Motor Irit Bensin, Idling Stop System
Sabtu, 29 Mei 2021 11:00
Brian

Sepeda motor yang irit bahan bakar menjadi salah satu kebutuhan masyarakat di Indonesia. Salah satu penyebab keborosan adalah kondisi jalan macet yang membuat energi dari mesin terbuang sia-sia. Selain itu kondisi ini juga membuat emisi gas buang semakin tinggi dan berkontribusi menambah polusi udara.

Salah satu upaya menekan bahan bakar adalah hadirnya fitur Idling Stop System (ISS). Fitur ini telah umum hadir di motor-motor matic terkini yang mampu mematikan mesin saat berhenti cukup lama di kemacetan. Dengan demikian, konsumsi bahan bakar yang tidak perlu akan berkurang dan emisi gas buang juga menurun.

   Baca Juga: Cerita Konsumen All New PCX 160 Empat Kali ke Bengkel Karena Air Radiator Bocor

"Fitur ini berfungsi ketika pengendara berhenti di lampu merah atau terjebak dalam kemacetan, dalam waktu 3 detik mesin akan mati secara otomatis. Dengan begitu konsumsi bahan bakar yang tidak perlu akan berkurang dan emisi gas buang akan menurun,” ujar Ade Rohman selaku Sub Dept Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora dalam keterangan tertulis.

Tombol ISS

 

Menggunakan fitur ISS ini pun cukup mudah, hanya menekan tombolnya di sebelah kanan ke posisi idling. Saat diaktifkan, lampu indikator panel meter akan menyala. Kemudian saat mesin dimatikan oleh ISS, lampu indikator akan berkedip dan mesin akan menyala ketika pengendara memutar tuas gas.

   Baca Juga: Yamaha All New NMax meluncur di Jepang Bermesin 125 cc

“Fitur ISS dapat ditemui pada beberapa motor matic Honda seperti PCX 150, PCX 160, ADV 150, Vario, BeAT, dan Scoopy. Untuk memaksimalkan manfaat ISS, jangan lupa lakukan pemeriksaan, perawatan rutin, dan selalu menggunakan HGP (Honda Genuine Parts) di bengkel  resmi Honda atau AHASS agar fitur ISS selalu berfungsi dengan baik dan mesin sepeda motor selalu dalam kondisi prima,” tutup Ade.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.