Melihat Modifikasi Throttle Bodi Down Draft yang Jadi Tren

Melihat Modifikasi Throttle Bodi Down Draft yang Jadi Tren
Sabtu, 29 Mei 2021 10:00
Brian

Modifikasi sepeda motor bisa dilakukan di berbagai sektor atau komponen. Salah satu yang kerap dimodifikasi pada motor injeksi adalah throttle bodi. Biasanya modifikasi throttle bodi dibuat lebih besar dari standar, namun kali ini trennya sedikit berbeda yang disebut dengan throttle bodi down draft.

Thomas William selaku Tuner Reisen Motoshop menyebutkan beberapa motor konsumen yang datang telah mengerjakan modifikasi throttle bodi down draft. Di antaranya terdapat Honda Vario dan Yamaha Aerox. Menurutnya throttle bodi down draft bukan sesuatu yang baru di modifikasi motor injeksi, hanya saja baru-baru ini menjadi tren di kalangan pecinta roda dua.

Throttle Bodi Down Draft Reisen Motoshop

 

"Ada di Aerox sudah ada dan Vario sudah juga sudah mengerjakan dan memang lagi ngetren saja sih down draft. Sebenarnya kami bikin down draft itu sudah dari 2012. Kami bikin pertama kali itu di SupraX 125 karburator yang kami modifikasi injeksi untuk balap indoprix," ujar William saat ditemui OtoRider, Jum'at (28/5).

   Baca Juga: Tips Merawat Radiator Motor serta Waktu Ideal Penggantian Airnya

Menurut William saat ini tren modifikasi throttle bodi down draft hanya buat-buatan, bukan down draft yang sesungguhnya. William menjelaskan definisi down draft adalah throttle bodi langsung menembakkan udara dan bensin ke klep. Namun saat ini banyak yang melakukan down draft asal jalur intake throttle bodi dan klep lurus saja.

Throttle Bodi Down Draft Reisen Motoshop

 

"Down draft buat-buatan ini sebenarnya alur flow (udara dan bensin) nya tetap muter, kalau yang benar ya dari atas langsung ke bawah. Seeprti alur intakenya CBR250RR, itu kan benar-benar dari atas langsung ke klep. Kemudian seperti CBR600, Yamaha R6, itu benar-benar down draft langsung ke klep," ungkap William.

   Baca Juga: Ini Waktu yang Tepat untuk Melakukan Pengecekan Kondisi Ban dan Rantai Motor

William mengatakan pada dasarnya prinsip down draft adalah memaksimalkan split dari udara agar lebih lancar untuk masuk ke mesin. Sedangkan yang buatan, disebutkannya biar kelihatan seperti down draft dan mengambil gayanya saja. Tren ini dilihat William cukup banyak dilakukan di Indonesia terutama kota besar seperti Jakarta dan Bandung.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.