Mulai Tilang Elektronik, Kenapa Tilang Manual Masih Ada?

Mulai Tilang Elektronik, Kenapa Tilang Manual Masih Ada?
Kamis, 25 Maret 2021 15:00
Brian

Tilang elektronik atau Electronic Trafic Law Enforcement (ETLE) sudah diluncurkan dalam skala nasional. Namun pihak kepolisian masih melakukan penilangan yang dilakukan secara manual. Mengingat peluncuran ETLE Nasional baru dilakukan pada tahap pertama.

Kakorlantas Polri Irjek Pol Istiono menyebutkan pihaknya tetap akan melaksanakan tilang semi otomatis dengan skala prioritas. Menurutnya 12 Polda yang telah dilengkapi kamera ETLE belum mencakup semua daerah di Indonesia. Oleh karenanya tilang manual masih diberlakukan pihak Kepolisian.

Kamera E-TLE Jalur Busway Koridor 6

 

“Tindak tilang di tempat ini (12 Polda yang telah menerapkan ELTE tahap pertama), itukan belum serentak semua, kita ada sebagian titik tertentu diterapkan ETLE, tapi masih titik tertentu belum. Jadi tilang manual tetap dilakukan dengan skala prioritas,” ujar Kakorlantas seperti dikutip dari situs Korlantas Polri.

   Baca Juga: Mulai Hapus Tilang Manual, 12 Polda Dilengkapi Tilang Elektronik

Istiono menyebutkan pihaknya akan memprioritaskan tilang semi elektronik. Sehingga bukti pelanggaran lalu lintas akan difoto terlebih dahulu. Kemudian lewat bukti tersebut akan diproses yang dilakukan secara manual atau semi otomatis.

Daftar Denda Tilang

 

“Jadi boleh komplen kalau yang memang ditilang manual, karena memang kalau ditindak mesin mana bisa semua. Yang penting tilang manual diperbolehkan asalkan semua buktinya sudah lengkap semua, jadi tidak bisa mengelak termasuk anggota kita juga,” tambah Kakorlantas.

   Baca Juga: VIDEO: All New Honda CBR150R 2021 Review dan Tes Lengkap - Indonesia | OtoRider

Sebagai tambahan informasi, peluncuran TLE nasional tahap pertama telah diikuti oleh 12 Polda di Indonesia. Totalnya sebanyak 244 kamera disebarkan di masing-masing ke-12 wilayah tersebut.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.