Ketahui Postur Tubuh yang Tepat Saat Mengendarai Motor

Ketahui Postur Tubuh yang Tepat Saat Mengendarai Motor
Jumat, 2 Juli 2021 14:25
Brian

Mengendarai sepeda motor harus mengetahui dan menguasai sejumlah teknik dasar. Salah satunya adalah mengatur postur atau posisi berkendara. Hal ini mempengaruhi kenyamanan pengendara saat berjalan di jalan raya sendirian maupun dengan pengendara lain.

"Kita harus memastikan bahwa seluruh postur tubuh kita ketika berkendara cukup baik dan ideal sehingga akan terasa nyaman dan maksimal," ujar Ludhy Kusuma selaku Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora dalam keterangan tertulis.

Postur Berkendara

Agar mendapatkan postur tubuh yang tepat saat berkendara, posisi jari tangan harus tetap mengepal setang kemudi. Diusahakan jari tangan tidak menetap pada tuas rem depan saat berkendara. "Jika dua jari tangan standby pada rem, dapat menimbulkan potensi bahaya karena putaran gas tidak tertutup, sehingga mengakibatkan titik pengereman lebih jauh," ujar Ludhy.

   Baca Juga: Cara Aman Berkendara Membawa Barang di Sepeda Motor

Selanjutnya adalah perhatikan tombol atau saklar instrumen pada setang pengemudi. Seperti contohnya pastikan tombol lampu depan jarak dekat berfungsi dan matikan lampu sein sesudah berbelok. 

Safety Riding

Posisi tangan juga disarankan tidak lurus, namun sedikit menekuk di bagian sikut. Hal ini berfungsi untuk menstabilkan tubuh kita pada saat melewati jalan bergelombang. Dengan demikian pengendara juga dapat mengontrol setang kemudi dengan nyaman.

   Baca Juga: Shockbreaker All New Yamaha NMax Bisa Dipasang di Model Lama?

Terakhir adalah adalah pandangan mata yang disarankan melihat sekeliling. Sehingga pengendara dapat mengetahui kondisi di sekeliling jalan raya yang harus dilalui. Selain itu posisi mata saat berbelok atau menikung harus melihat ke akhir tikungan sehingga dapat mengetahui potensi bahaya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.