Pakar Sebut Pembuatan SIM Moge Tidak Bisa Sembarangan

Pakar Sebut Pembuatan SIM Moge Tidak Bisa Sembarangan
Sabtu, 5 Juni 2021 11:00
Brian

Penggolongan SIM C untuk motor mendapatkan dukungan dari praktisi keselamatan berkendara. Seperti yang diutarakan oleh Jusri Pulubuhu selaku Founder dan Lead Instructor Jakarta Defensive Driving Consultant. Namun menurut Jusri pembuatan SIM untuk moge alias SIM CII tidak bisa dibuat sembarangan.

Menurut Jusri terdapat catatan mekanisme dalam penerapan dilapangan dalam pembuatan SIM moge. Mulai dari metode pengujian hingga infrastruktur pendukungnya. Dirinya menyarankan Polisi harus betul-betul memahami tata cara pengujian sepeda motor besar.

   Baca Juga: Bahaya Mengendarai Moge, Bisa Tingkatkan Adrenalin!

"Saya setuju, namun mekanismenya dalam proses pengambilan SIM harus betul-betul dipersiapkan infrastrukturnya hingga metodenya. Jangan nanti cuma bermodal punya SIM C, eh mereka bisa upgrade jadi CI atau CII. Terus tesnya soal berlalu lintas doang, ya itu mah sama saja," ujar Jusri. 

Gymkhana AHM

Menurut Jusri Polisi harus memiliki tiga poin penentu kelulusan mendapatkan SIM CII sebagai syarat mengendarai moge. Ketiga poin tersebut di antaranya adalah technical skill, soft skill, dan attitude. Selain itu menurutnya dalam penerapannya harus menggandeng pihak yang memahami motor besar.

   Baca Juga: Piaggio Indonesia Beri Penawaran Spesial untuk Vespa S dan LX

"Jadi harus benar dalam penerapannya, bila perlu ada tes di jalan dan ini harus menggandeng pihak yang memahami apa itu moge dalam sebenarnya. Ya intinya saya sangat mendukung, asal semua komponen pendukungnya siap," pungkasnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.