Ternyata Harley-Davidson Pernah Menggugat Desain Motor Honda

Ternyata Harley-Davidson Pernah Menggugat Desain Motor Honda
Sabtu, 17 Juli 2021 17:20
Brian

Harley-Davidson pernah menguasai pasar motor cruiser Amerika di tahun 1990-an. Pabrikan asal Milwaukee itu menjadi satu-satunya merek yang menguasai pasar karena belum memiliki pesaing. Namun tidak banyak yang mengetahui, kala itu Harley-Davidson pernah menggugat pabrikan otomotif asal Jepang yakni Honda.

Berdasarkan laporan The Drive, pada masa jaya Harley-Davidson, Honda pernah mencoba mengeluarkan produk motor cruiser. Produk tersebut diperkenalkan dengan nama ACE Shadow atau American Classic Edition. Desain motor ini memang disebut-sebut sangat mirip dengan sebuah Harley-Davidson.

   Baca Juga: Persiapan Penggolongan SIM C Sudah 80%, Kapan Berlaku?

Dimulai dari bentuk spatbor panjang dan tangki bensin berbentuk teardrop yang sangat mirip Harley. Bahkan Honda menggunakan mesin V-Twin dari engkol pin ganda ke satu pin untuk mendapatkan nada mesin yang mirip dengan Harley-Davidson. Honda juga mencetak tulisan "Made In USA" sebagai penanda bahwa produk Jepang tersebut memiliki darah Amerika seperti dari Milwaukee.

harley

Produk Honda ACE Shadow ini tentunya membuat Harley-Davidson terusik dan mengajukan tuntutan hukum terhadap Honda. Menurut Harley-Davidson, Honda tidak hanya meniru gaya mereka, tetapi juga meniru suara mesin dari pin satu engkol V-Twin. Sementara Honda berpendapat, pabrikan tidak dapat melakukan hak paten dari suara mesin.

   Baca Juga: Juli 2021, Harga Suzuki GSX-R150 dan GSX-S150 Tak Alami Kenaikan

Gugatan Harley-Davidson terhadap Honda pun berlanjut hingga awal tahun 2000-an. Namun kala itu tidak ada pihak yang benar-benar membuat penentuan. Akhirnya Harley-Davidson melepaskan kasus tersebut dan Honda diam-diam menghentikan produk American Classic Edition.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.