Ternyata Harley-Davidson Pernah Menggugat Desain Motor Honda

Ternyata Harley-Davidson Pernah Menggugat Desain Motor Honda

 

Harley-Davidson pernah menguasai pasar motor cruiser Amerika di tahun 1990-an. Pabrikan asal Milwaukee itu menjadi satu-satunya merek yang menguasai pasar karena belum memiliki pesaing. Namun tidak banyak yang mengetahui, kala itu Harley-Davidson pernah menggugat pabrikan otomotif asal Jepang yakni Honda.

Berdasarkan laporan The Drive, pada masa jaya Harley-Davidson, Honda pernah mencoba mengeluarkan produk motor cruiser. Produk tersebut diperkenalkan dengan nama ACE Shadow atau American Classic Edition. Desain motor ini memang disebut-sebut sangat mirip dengan sebuah Harley-Davidson.

   Baca Juga: Persiapan Penggolongan SIM C Sudah 80%, Kapan Berlaku?

Dimulai dari bentuk spatbor panjang dan tangki bensin berbentuk teardrop yang sangat mirip Harley. Bahkan Honda menggunakan mesin V-Twin dari engkol pin ganda ke satu pin untuk mendapatkan nada mesin yang mirip dengan Harley-Davidson. Honda juga mencetak tulisan "Made In USA" sebagai penanda bahwa produk Jepang tersebut memiliki darah Amerika seperti dari Milwaukee.

harley

Produk Honda ACE Shadow ini tentunya membuat Harley-Davidson terusik dan mengajukan tuntutan hukum terhadap Honda. Menurut Harley-Davidson, Honda tidak hanya meniru gaya mereka, tetapi juga meniru suara mesin dari pin satu engkol V-Twin. Sementara Honda berpendapat, pabrikan tidak dapat melakukan hak paten dari suara mesin.

   Baca Juga: Juli 2021, Harga Suzuki GSX-R150 dan GSX-S150 Tak Alami Kenaikan

Gugatan Harley-Davidson terhadap Honda pun berlanjut hingga awal tahun 2000-an. Namun kala itu tidak ada pihak yang benar-benar membuat penentuan. Akhirnya Harley-Davidson melepaskan kasus tersebut dan Honda diam-diam menghentikan produk American Classic Edition.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id