Bakal Ada di Motor, Honda Kembangkan Fitur Autopilot

Bakal Ada di Motor, Honda Kembangkan Fitur Autopilot
Selasa, 21 Juni 2022 14:00
Ruslan Abdul Gani

Sistem autopilot, fitur canggih yang sudah tidak asing ini sering disematkan di mobil keluaran terbaru. Namun, fitur ini masih belum ditemui di sepeda motor. Makanya saat ini pabrikan Honda dikabarkan sedang mengembangkan sistem autopilot buat motor.

Melansir dari Cycleworld, ide mengenai sistem autopilot di sepeda motor mungkin tidak disukai banyak orang, tetapi teknologi yang sama yang memungkinkan semakin banyak mobil modern untuk mengemudi, berakselerasi, dan mengerem secara otomatis, jelas mengarah ke roda dua di masa depan.

   Baca Juga: Penasaran Mau Test Ride Motor Baru? Catat Lokasi dan Tanggalnya!

Fitur Autopilot Bakal Ada di Motor

Sistem autopilot yang sedang dikembangkan Honda bekerja menggunakan beragam sensor atau radar yang mendeteksi kondisi sekitar. Kalau dilihat dari gambar yang beredar, Honda membuat semacam sistem semi otonom yang mampu bekerja sama dengan pengendara motor.

Menggunakan sensor radar, sistem tersebut akan bekerja sama dengan sistem rem dan throttle bahkan di kondisi motor berjalan di kecepatan rendah. Kemudian, motor bisa tetap melaju dengan stabil bahkan dalam kondisi tidak ada pengendaranya.

Fitur Autopilot Bakal Ada di Motor

Fitur tersebut dapat bekerja berkat bantuan sensor deteksi jarak dan cahaya (LiDAR), on-board camera, GPS serta sistem komunikasi antar motor. Dengan teknologi ini, nantinya motor juga diharapkan bisa bekerja secara otomatis di saat pengendara tidak merespon, terutama jika terdapat rintangan di jalan.

   Baca Juga: Usai Absen 2 Tahun, Ajang Yamaha Sunday Race Kembali Digelar

Kemudian, akan terpasang juga sensor di bagian jok, handgrip serta pijakan kaki serta kamera menghadap pengendara untuk menganalisa kondisi pengendaranya. Masih dalam tahap pengembangan, fitur autopilot ini nantinya diprediksi bakal hadir duluan di motor segmen premium seperti Honda Gold Wing atau Africa Twin.

Sebenarnya, beberapa pabrikan motor lain seperti Kawasaki, BMW, KTM, dan Ducati juga sudah mengembangkan sistem sejenis sebelumnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.