Beberapa Kondisi yang Membuat Sistem Hybrid Yamaha Fazzio Tak Bekerja

Beberapa Kondisi yang Membuat Sistem Hybrid Yamaha Fazzio Tak Bekerja
Sabtu, 5 Februari 2022 10:00
Brian

Yamaha Fazzio Hybrid Connected menjadi motor yang banyak diperbincangkan pada awal tahun 2022 ini. Skutik tersebut diperbincangkan karena memiliki teknologi Blue Core Hybrid pada Electric Power Assist Start. Teknologi ini dapat membantu akselerasi motor pada 3 detik pertama bersamaan dengan mesin bensinnya.

Namun Aji Handoko selaku Manager Technical and Education PT Yamaha Indonesia Motor Mfg (YIMM) mengatakan terdapat beberapa faktor yang membuat hybrid pada Yamaha Fazzio tidak bekerja. Seperti diketahui, sistem hybrid di skutik tersebut hanya mengandalkan aki. Sehingga terdapat sistem lain yakni battery life charging yang bertugas menjaga umur aki.

   Baca Juga: Tinggi Jok Honda Vario 160, Berapa Bedanya dengan Vario 125 atau BeAT?

"Motor ini sudah dilengkapi sistem yang namanya battery life charging. Jadi pada kondisi tertentu misalnya voltasenya terlalu rendah, bisa mematikan sistem assist maupun start and stop-nya. Sampai voltase normal kembali dan bisa digunakan degnan normal," ujar Aji ketika ditanya awak media di Bogor, Kamis (3/2).

Komunitas Test Ride Yamaha Fazzio

Memang selama pengetesan disebutkan ketika motor menyala sistem hybrid tidak langsung membantu. Melainkan harus menunggu beberapa saat hingga akhirnya berhenti, kemudian sistem power assist mulai bekerja. Artinya pada saat itu, rendahnya voltase akibat motor yang baru dinyalakan menjadi salah satu penyebab utama fitur hybrid tak bekerja.

   Baca Juga: Deretan Fitur All New Honda Vario 160, Apa Saja yang Baru?

"Yang paling utama adalah voltase baterai, jadi pada saat stop and go dimainkan, voltase turun dan power assist tidak berfungsi, karena ada sistem battery life charging tadi," pungkas Aji.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.