Data Terbaru, Konsumsi Yamaha Fazzio Hybrid Hanya 62 Km per Liter!

Data Terbaru, Konsumsi Yamaha Fazzio Hybrid Hanya 62 Km per Liter!
Minggu, 27 Februari 2022 13:00
Brian

Yamaha Fazzio Hybrid Connected merupakan motor pertama yang dijual masal oleh Yamaha Indonesia Motor Mfg yang mengusung teknologi hibrida. Tim OtoRider pun mendapatkan kesempatan untuk mengetes beberapa hal dari skutik ini. Salah satu yang kami tes adalah konsumsi bahan bakarnya.

Pengetesan konsumsi bahan bakar Yamaha Fazzio Hybrid dilakukan dengan teknik berkendara econo ride. Kecepatan motor dibatasi agar tak melebihi 60 km/jam dengan menggunakan bensin beroktan 92. Sementara rute yang ditempuh melintasi sejumlah daerah kemacetan, tanjakan, jalan lurus, hingga lampu merah.

   Baca Juga: Terinspirasi Kode Pos, Triumph Rilis Street Twin EC1 Special Edition

Berdasarkan hasil tes, dengan perhitungan full-to-full, menunjukkan konsumsi bahan bakar Yamaha Fazzio hanya mencapai 62,6 km/liter. Angka tersebut terbilang cukup irit untuk sebuah skutik entry level Yamaha. Perjalanan yang ditempuh selama tes konsumsi bahan bakar ini pun melebihi dari 60 kilometer.

Komunitas Test Ride Yamaha Fazzio

Uniknya data tersebut cukup berbeda jauh dari hasil pengetesan yang dilakukan pada saat media test ride di Kota Bogor. Pada saat itu, dengan metode perhitungan yang sama, tercatat angka konsumsi paling irit berada di 75,09 km/liter. Catatan ini memang dinilai kurang optimal karena hanya dites sejauh 19,9 kilometer saja.

   Baca Juga: VIDEO: Yamaha Fazzio - Test Ride Harian | OtoRider

Sebagai tambahan informasi, Yamaha Fazzio Hybrid Connected memiliki sistem assist yang membantu tarikan awal saat motor mulai berjalan. Sistem hybrid ini disebut sebagai Elektrik Power Assist Start (EPAS). Sistem tersebut mengandalkan aki untuk memberikan daya listrik ke mesin agar lebih efisien bahan bakar.

EPAS akan membantu tarikan awal motor saat berjalan selama 3 detik saja. Selebihnya, motor tetap mengandalkan mesin bensin untuk performa sesuai kebutuhan. Sistem assist hybrid selama 3 detik tersebut dikatakan Yamaha sudah sesuai riset dan kebutuhan setiap pengendara motor matik.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.