Perkuat Komitmen Pendidikan Vokasi, AHM Rilis TEFA

Perkuat Komitmen Pendidikan Vokasi, AHM Rilis TEFA
Selasa, 2 Agustus 2022 13:00
Thio Pahlevi

PT Astra Honda Motor (AHM) terus memperkuat komitmennya terhadap pendidikan vokasi. Terbaru, AHM merilis konsep Teaching Factory (TEFA) yang bekerjasama dengan bengkel resmi Astra Honda Authorize Service Station (AHASS). Lantas, apa yang diunggulkan dari konsep tersebut?

SMK Bina Mandiri, Bekasi, Jawa Barat terpilih sebagai sekolah mitra binaan pertama yang menerapkan proses belajar TEFA sekaligus menjadi tempat siswa belajar dengan orientasi bisnis layanan purna jual sepeda motor. Peresmian ini sendiri dihadiri oleh manajemen AHM, PT Daya Adicipta Motora (DAM) selaku main dealer motor Honda di Jawa Barat, dan beberapa pemilik AHASS di Bekasi.

   Baca Juga: Remote Keyless Motor Hilang? Duplikat Saja, Segini Biayanya

Bekerjasama dengan AHASS di wilayah Bekasi, sekolah mitra binaan ini bakal menjadi Pos AHASS TEFA. Konsep TEFA yang dikembangkan AHM bersama main dealer tersebut membina dan mengembangkan pengetahuan serta keterampilan siswa terkait teknik dan bisnis sepeda motor dengan suasana kerja professional dalam memberikan layanan purna jual kepada konsumen.

AHASS TEFA

Beragam layanan purna jual bagi konsumen hadir di Pos AHASS TEFA seperti pengerjaan perawatan berkala, penggantian oli serta suku cadang motor Honda. Dalam menjaga kualitas hasil pengerjaan dan suku cadang yang digunakan, setiap Pos AHASS TEFA diawasi secara langsung oleh mekanik AHASS yang telah bekerjasama.

Konsep TEFA hadir di sekolah SMK Mitra Binaan AHM yang telah memiliki status Grade A+ dan menjadi sekolah Tempat Uji Kompetensi (TUK). Selain itu, sebagai Pos AHASS TEFA, sekolah dipersyaratkan melengkapi sarana dan prasarana workshop dengan beragam fasilitas seperti ruang tunggu konsumen, jumlah pit minimal dua serta fasilitas pendukung lainnya.

AHASS TEFA

Ahmad Muhibbuddin selaku General Manager Corporate Communication AHM mengatakan program TEFA ini dikembangkan dalam upaya membawa suasana industri ke sekolah. Tujuannya agar para peserta didik mampu mengimplementasikan pengetahuan dan keterampilan teknikalnya dalam suasana dan standar kerja industri yang sesungguhnya.

Pos AHASS TEFA SMK Bina Mandiri bekerjasama dengan AHASS 8099 Muni Subadja yang berada di kawasan Bintara, Bekasi, Jawa Barat. Sekolah ini menjadi Mitra Binaan AHM sejak 2012, serta telah berstatus Grade A+ atau SMK TUK pada 2016.

    Baca Juga: Cara Mudah Bikin Shock Breaker Depan Motor Awet di Musim Hujan

Grade A+ merupakan standar tertinggi yang ditetapkan AHM untuk SMK Mitra Binaan dalam memenuhi fasilitas sarana dan prasarana yang meliputi ruang praktik, kelengkapan laboratorium, variasi unit sepeda motor serta tools dan perlengkapan praktik. Tenaga pengajar atau guru juga diwajibkan memenuhi kompetensi sesuai standar sertifikasi dari AHM.

"Terima kasih untuk AHM dan Main Dealer DAM atas kepercayaannya kepada sekolah kami untuk menjadi sekolah pertama di Indonesia yang secara resmi memiliki Pos AHASS TEFA. Semoga bisa bermanfaat buat peserta didik kami, khususnya di jurusan TBSM," ujar Endah Sulistiani, Kepala Sekolah SMK Bina Mandiri.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.