Remote Keyless Motor Hilang? Duplikat Saja, Segini Biayanya

Remote Keyless Motor Hilang? Duplikat Saja, Segini Biayanya

 

Remote pada sistem keyless berfungsi sebagai sensor pengirim sinyal agar kelistrikan motor bisa menyala. Jadi, kalau remote keyless hilang ataupun rusak, motor tentunya tidak akan hidup. 

Umumnya pada saat pembelian motor, pemilik bakal mendapat dua buah remote keyless. Namun, seiring pemakaian ada saja masalah yang menimpa seperti remote keyless rusak ataupun hilang. Lantas, berapa biaya ganti atau duplikat remote keyless?

  Baca Juga: Ternyata Shock Breaker Racing Juga Perlu Dirawat, Ini Caranya

"Umumnya kalau kedua remote keyless hilang atau rusak, kalau di bengkel resmi biasanya harus ganti satu set, komponen Smart Control Unit (SCU), Engine Control Unit (ECU) beserta remote keyless-nya. Bisa ganti remotenya saja, asalkan masih ada kode barcode-nya, tapi inden lama biasanya," ujar Ian, Pemilik Tian Kunci saat disambangi OtoRider di Cilodong, Depok, Jawa Barat.

Biaya Duplikat Remote Keyless

Lebih lanjut, Ian menjelaskan harga spare part sistem keyless seperti SCU, ECU, dan remote keyless motor cukup mahal. "Kalau untuk Honda biasanya butuh biaya Rp 3,5 jutaan sampai Rp 3,8 jutaan. Itu ganti satu set," ucapnya.

Ian menuturkan kalau di tempatnya bisa diakali dengan cara duplikat remotenya saja. "Jadi, cukup beli remote keyless-nya saja, nanti tinggal menyambungkan frekuensi antara remote keyless dengan SCU melalui alat khusus," jelasnya.

Biaya duplikat remote keyless pun berbeda untuk yang masih ada kodenya atau tidak ada. Biasanya, akan lebih mahal kalau tidak ada kode. "Untuk Honda PCX160 itu kalau masih ada kodenya biayanya Rp 800 ribu sampai Rp 900 ribu. Buat Yamaha Aerox dan NMax sama. Beda itu Vario series, Rp 550 ribu," tuturnya.

Biaya Duplikat Remote Keyless

Kode itu sendiri didapat saat pembelian motor. Kode ini berfungsi untuk mencocokan kode di SCU. "Namun, jika kodenya hilang biayanya itu Rp 1,5 juta untuk semua tipe motor. Karena, pekerjaannya lebih sulit dan menggunakan alat khusus," terangnya.

Tian Kunci juga menerima panggilan pengerjaan duplikat keyless ke rumah. "Namun, ada biaya tambahan berupa uang transport, misalnya ke Jakarta, Tangerang, dan Bogor ada biaya transport sebesar Rp 150 ribu sampai Rp 200 ribu. Kalau masih di daerah Depok atau enggak begitu jauh dari toko tidak dikenakan biaya transport," tutupnya.

   Baca Juga: Motor dengan Sistem Keyless Apa Masih Bisa Dicuri Maling?

Bagi Anda yang membutuhkan informasi lebih lanjut, langsung saja hubungi nomor 0858-1014-1300. Sementara, untuk alamat workshop Tian Kunci ada di Jalan Tole Iskandar No.3, Cilodong, Depok, Jawa Barat.

 
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id