Pertamina Lubricants Rilis Produk Penetran yang Bukan 'Kaleng-Kaleng'

Pertamina Lubricants Rilis Produk Penetran yang Bukan 'Kaleng-Kaleng'
Rabu, 7 Desember 2022 20:15
Benny Averdi

Anak usaha Pertamina, PT Pertamina Lubricants (PTPL) meluncurkan produk baru Pertamina Spreeze yakni pelumas anti-karat serbaguna. Produk ini merupakan hasil kerja sama riset dan pengembangan produk antara PTPL dan Research & Technology Innovation (RTI) PT Pertamina Persero yang dilakukan sejak 2019.

Pertamina Spreeze merupakan salah satu strategi dalam mengeksplorasi inovasi produk dan bahan baku yang dimiliki pertamina.

"Kami ingin terus menghadirkan solusi pelumasan yang lengkap, baik untuk segmen industri maupun ritel. Kami yakin Pertamina Spreeze dapat menjangkau pasar yang luas dengan segala kebutuhan. Dengan produk berkualitas ini, kami percaya konsumen akan merasakan manfaatnya di kehidupan dan pekerjaan sehari-hari," ujar Sari Rachmi, Direktur Sales & Marketing PTPL pada peluncuran Pertamina Spreeze di Jakarta, Rabu (7/12).

   Baca Juga: Tanggapan Pertamina Lubricants Soal Adaptasi ke Arah Elektrifikasi

Terdapat enam fungsi dari produk anyar PTPL itu, di antaranya adalah membersihkan (cleans), penetrasi (penetrates), melumasi (lubricates), menghilangkan kelembaban (displace moistures), melindungi (protects), dan meningkatkan ketahanan (improves). Cleans berfungsi membersihkan kotoran minyak dan grease pada logam. Sedangkan, Penetrates membantu penetrasi bagian berkarat pada logam yang berguna saat membuka baut atau mur, bahkan bunyi derit pada pintu.

Sementara fungsi Lubricates yakni melumasi komponen bergerak, sehingga menurunkan gesekan dengan cukup drastis. Displace moistures melindungi dari kelembaban atau air. Kemudian Protects mencegah korosi dan oksidasi serta Improves berguna mengurangi gesekan dan keausan.

Pertamina Spreeze Launch

"Sejak 2019, Pertamina Spreeze telah melewati tahapan uji coba. Mulai uji coba di laboratorium, uji coba di lapangan sampai uji coba secara komersial. Teknologi yang terkandung pada produk ini juga telah mendapatkan sertifikat hak paten," ujar Oki Muraza, SVP Research & Technology Innovation PT Pertamina (Persero).

Dalam rangkaian uji coba tersebut, termasuk uji coba performa, menunjukkan hasil bahwa Pertamina Spreeze memiliki keunggulan dibanding produk sejenis di pasar dengan keunggulan penetrasi yang lebih baik. Chlorofluorocarbon (CFC) Free dan Chlorinated Solvent Free, sehingga aman dan tidak merusak ozon.

   Baca Juga: Awas! Karena Hal Sepele Ini, Kunci Kontak Motor Jadi Gampang Kendur

Bagi kesehatan manusia juga teruji dengan baik. Hal ini karena Low BTX (Benzene, Toluene, dan Xylene) Aromatic, sehingga tidak karsinogenik atau tak mengandung zat yang dapat memicu pertumbuhan kanker.

Sedangkan untuk peralatan, bahan yang terkandung di dalamnya tidak mengandung silikon. Oleh sebab itu, tidak merusak peralatan, lebih ekonomis, juga tidak menghantarkan listrik, dan memiliki kadar toksisitas yang rendah.

Pertamina Spreeze hadir dalam dua kemasan botol, yaitu 250ml dan 400ml yang dipasarkan dengan harga Rp 48.900 (250ml) dan Rp 66.600 (400ml). Produk ini dapat diperoleh melalui distributor Pertamina, bengkel maupun outlet resmi seperti Olimart, Enduro Express, dan SPBU Pertamina.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.