Polisi Ingin Pasang Chip Pada Nomor Kendaraan Bermotor

Polisi Ingin Pasang Chip Pada Nomor Kendaraan Bermotor

 

Korlantas Polri sedang mempersiapkan aturan pelat nomor kendaraan bermotor yang dipasang chip atau perangkat elektronik. Chip atau perangkat elektronik ini memiliki bentuk kepingan. Sehingga kendaraan bermotor akan lebih mudah diidentifikasi dan diregistrasi.

Berdasarkan situs Humas Polri, aturan ini mengacu pada Peraturan Kapolri No 5 Tahun 2012 tentang Regident (Registrasi dan Identifikasi) diubah jadi Peraturan Polri No 7 tahun 2021. Sebelumnya aturan ini mengatur perubahan warna dasar plat nomor menjadi putih dan huruf serta angka berubah hitam. Direktur Regident Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus memberikan penjelasannya.

   Baca Juga: Fasilitas Balap Jalanan di Ancol Akan Siap Dirilis

"Jadi di dalam pelat nomor itu akan ditanam chip dan tertera data-data dari pemilik kendaraan. Apabila tidak sesuai maka akan ditindak atau dikenakan tilang sesuai dengan aturan yang berlaku," ujar Brigjen Pol Yusri Yunus.

Kamera E-TLE Jalur Busway Koridor 6

Lebih lanjutnya, Yusri Yunus menjelaskan penanaman chip pada pelat nomor ini juga bertujuan mendorong penerapan E-TLE. "Karena nanti semuanya akan berbasis elektronik," lanjutnya.

   Baca Juga: Honda PCX Series Punya Tempat Parkir Khusus di Mall Yogyakarta

Yusri menambahkan sekarang pemasangan chip pada nomor kendaraan sedang dalam tahap persiapan. Setelah itu masuk pada tahapan sosialisasi dan terakhir penerapan. "Tapi prosesnya masih panjang. Banyak yang harus kita persiapkan, mengenai aturan, data, dan lain-lain. Tapi ke depannya akan mengarah basis teknologi," pungkasnya.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id