Produksi Motor Listrik Indonesia Tembus 1,4 Juta Unit

Produksi Motor Listrik Indonesia Tembus 1,4 Juta Unit
Jumat, 21 Oktober 2022 20:00
Gemilang Isromi Nuar

Program kendaraan motor tenaga listrik berbasis baterai untuk transportasi jalan serta pencapaian target Presiden dua juta unit motor listrik di Indonesia tampaknya mulai terlaksana.

Menurut Menteri Perindustrian (Menperin), Agus Gumiwang Kartasasmita, saat ini terdapat empat perusahaan bus listrik, tiga perusahaan mobil listrik serta 35 perusahaan roda dua dan roda tiga listrik di Tanah Air. Adapun total investasi yang masuk sebesar Rp 1,872 triliun.

"Untuk kapasitas produksinya mencapai 2.480 unit bus, 14.000 unit mobil listrik serta 1,04 juta unit untuk kendaraan roda dua atau roda tiga listrik," kata Agus dalam acara 'Membangun Ekosistem Kendaraan Listrik' secara virtual melalui YouTube, Jumat (21/10).

      Baca Juga: Honda Bakal Beri Kejutan di IMOS 2022, Kenalkan Motor Listrik Baru? 

booth Gesits PEV 2022

Nantinya, target produksi makin ditambah menjadi satu juta kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) roda empat atau lebih dan 3,22 juta KBLBB roda dua pada 2035. 

Sebelumnya, Menperin menilai target dua juta sepeda motor listrik di Tanah Air sangat realistis, mengingat animo dari para investor untuk membuka fasilitas produksi motor listrik cukup besar. Saat ini sudah ada 35 pabrikan otomotif yang siap memproduksi sepeda motor listrik dengan kapasitas satu juta unit kendaraan per tahun dan ditargetkan meningkat hingga dua juta unit hingga tahun depan.

     Baca Juga: Menteri BUMN: Motor Listrik Buka Peluang Lapangan Kerja Baru

Tetapi menurut Agus, ada beberapa hambatan dalam mengembangkan kendaraan listrik di Indonesia. Di antaranya ketersediaan jaringan charging station, swap station, hingga harga kendaraan listrik yang masih lebih mahal dari kendaraan Internal Combustion Engine (ICE).

"Kapasitas baterai yang mempengaruhi jarak tempuh, serta sumber daya manusia (SDM) di industri ini. Karena itu pemerintah bersama seluruh pemangku kepentingan akan terus memacu inovasi dan pengembangan SDM," ujar Agus.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.