Punya Teknologi Hybrid, Aki Yamaha Fazzio Punya Spesifikasi Berbeda?

Punya Teknologi Hybrid, Aki Yamaha Fazzio Punya Spesifikasi Berbeda?
Selasa, 8 Februari 2022 10:00
Brian

Yamaha Fazzio Hybrid Connected memiliki sistem kerja dengan dua sumber tenaga, yakni mesin bensin dan listrik. Uniknya tenaga listrik skutik 125 cc ini mengandalkan sumber daya dari aki. Lantas apakah spesifikasi aki dari Yamaha Fazzio berbeda dari skutik pada umumnya?

Aji Handoko selaku Manager Technical and Education PT Yamaha Indonesia Motor Mfg menjawab pertanayaan tersebut. Menurutnya aki pada Yamaha Fazzio masih sama seperti skutik pada umumnya. Meskipun mengusung spesifikasi khusus, namun masih mirip dengan Yamaha FreeGo dan R15.

   Baca Juga: Pameran Otomotif IIMS Hybrid 2022 Dijadwalkan Ulang, Catat Tanggalnya!

"Dibanding matik lain memang sedikit lebih besar, kita pakai 5,3 ampere YTZ6T. Sama yang dipakai FreeGo ABS, sama dengan tipe-tipe smart key yang lain, juga sama dengan R15. Jadi akinya, aki normal saja cuma kapasitasnya lebih besar dari yang lain," ujar Aji saat ditemui awak media di Bogor, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

Sistem hybrid Yamaha Fazzio

Sebagaimana diketahui, aki dari Yamaha Fazzio akan menyuplai tenaga tambahan lewat elektric power assist start. Dengan demikian skutik 125 cc itu memiliki tenaga tambahan pada tiga detik tarikan awal. Pada kinerja mesin normal, daya mesin akan mengisi kembali tenaga ke aki sehingga meminimalisir terjadinya tekor.

   Baca Juga: Berusia Sebulan, Hampir 2.000 Unit Yamaha Fazzio Ludes Di Jateng dan Jogja

"Jadi di motor ini kita sudah lengkapi sistem yang namanya batteri life charging, jadi pada kondisi tertentu misalnya voltase terlalu rendah itu dia akan mematikan sistem assist maupun start stopnya sampai voltasenya kembali normal dan bisa digunakan dengan normal," lanjut Aji.

Aji sendiri mengaku tidak ada perawatan spesial pada Yamaha Fazzio Hybrid Connected. Sementara akinya dapat ditemukan dengan mudah di pasaran Indonesia. Harganya sendiri memiliki kisaran sekitar Rp 287 ribuan.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.