Yamaha Bikin Mesin Hidrogen V8 5.000 cc untuk Toyota?

Yamaha Bikin Mesin Hidrogen V8 5.000 cc untuk Toyota?
Kamis, 24 Februari 2022 08:00
Brian

Pada November 2021, lima perusahaan otomotif besar di dunia mengumumkan rencana kolaborasi dalam netralitas karbon. Kelima perusahaan itu adalah Kawasaki, Yamaha, Mazda, Subaru, dan Toyota. Semua perusahaan ini berjanji untuk bekerjasama dalam proyek yang tidak dijelaskan secara rinci saat itu.

Dilansir dari Ride Apart, saat ini Februari 2022, Yamaha dan Toyota telah mengumumkan rencana untuk mengembangkan mesin V8 5.000 cc bertenaga hidrogen. Kedua perusahaan itu bertujuan untuk tidak menyerah pada mesin pembakaran internal. Tentunya dengan tidak mengesampingkan potensi kendaraan listrik di masa depan.

   Baca Juga: Perbandingan Tes Akselerasi Yamaha R15M vs Suzuki GSX-R150

"Kami bekerja untuk mencapai netralitas karbon pada tahun 2050. Pada saat yang sama, 'motor' ada dalam nama perusahaan kami dan karenanya kami memiliki semangat yang kuat dan tingkat komitmen terhadap mesin pembakaran internal," ujar Presiden Yamaha Motor, Yoshihiro Hidaka.

Mobil Hidrogen Toyota

“Mesin hidrogen memiliki potensi untuk menjadi netral karbon sekaligus menjaga semangat kami untuk mesin pembakaran internal tetap hidup pada saat yang bersamaan. Bekerja sama dengan perusahaan dengan budaya perusahaan dan bidang keahlian yang berbeda serta meningkatkan jumlah mitra yang kami miliki adalah cara kami ingin memimpin di masa depan,” lanjut Hidaka. 

   Baca Juga: Aturan Pembuatan SIM Diperbarui, Harus Punya BPJS Kesehatan?

Netralitas karbon dengan menggunakan hidrogen sebagai bahan bakar memang suatu kemungkinan. Tetapi sepertinya banyak hal yang harus terjadi dari ujung ke ujung agar dapat terwujud lebih dari sekadar mimpi belaka. Kerumitan dan biaya adalah alasan mengapa dunia beralih ke listrik saat ini.

Bagaimana pun, mesin hidrogen V8 Yamaha dimaksudkan untuk digunakan di mobil. Diklaim mesin tersebut mampu menghasilkan 450 tenaga kuda pada 6.800 rpm dan torsi 540 Nm di 3.600 rpm. Namun riset akan mesin tersebut masih harus dilihat kembali.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.