Yamaha Bikin Motor Anti Jatuh, Seberapa Canggih?

Yamaha Bikin Motor Anti Jatuh, Seberapa Canggih?

 

Mengendarai sepeda motor memang bisa dibilang lebih baik saat menyusuri jalanan. Tetapi, risiko tetap menyertai pengendara motor jika tidak hati-hati dan akhirnya terjatuh.

Untuk meminimalisir kejadian tersebut, Yamaha mengembangkan teknologi penyeimbang yang memungkinkan motor tidak bisa jatuh meski dalam kondisi sangat pelan dan tanpa penyangga.

Teknologi tersebut bernama Advanced Motorcycle Stability Assist System (AMSAS). AMSAS dapat menstabilkan motor pada kecepatan rendah, kurang dari 5 km/jam.

      Baca Juga: Adu Kencang New Honda Vario 125 vs Yamaha Gear 125, Siapa Unggul?

Yamaha

Director and Senior Executive Officer, General Manager of Yamaha's Technology and Research Division, Heiji Maruyama mengatakan sistem pendukung stabilisasi sepeda motor ini dikembangkan dengan tujuan agar setiap orang dapat menikmati rasa kesatuan bersama mesin dengan ketenangan pikiran dan kenyamanan. 

"Teknologi bantu ini untuk menstabilkan postur kendaraan dalam situasi di mana keterampilan mengemudi pengendara yang tinggi diperlukan pada kecepatan rendah," papar Heiji dilansir dari response-jp, Senin (28/11).

     Baca Juga: November 2022, Berikut Harga Baru Yamaha Fazzio Hybrid-Connected

Yamaha

Uji coba AMSAS sendiri menggunakan Yamaha R3. Uji coba pertama motor melaju dalam kecepatan rendah tanpa pengendara di bawah kecepatan 5 km/jam. Lalu ketika dites dengan pengemudi, sistem masih bisa menjaga keseimbangan meski kecepatannya diatur sama.

Cara kerja fitur ini adalah menyebarkan radar ke depan dan sistem pengereman terpadu yang dapat menerapkan dan memodulasi tekanan rem. Fitur ini bekerja sama dengan suspensi elektronik semi aktif.

 
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id