Mau Mudik Gratis Satu Kereta dengan Motor Kesayangan? Ini Caranya

Mau Mudik Gratis Satu Kereta dengan Motor Kesayangan? Ini Caranya
Rabu, 1 Maret 2023 09:00
Gemilang Isromi Nuar

Pada akhir Ramadhan biasanya para perantau yang berada di kota pergi ke kampung halamannya atau mudik. Dalam pelaksanaanya, Kementrian Perhubungan (Kemenhub) meminta masyarakat agar tidak mudik Lebaran dengan menggunakan kendaraan roda dua atau motor.

Dalam mewadahi kegiatan tersebut, Kemenhub berkolaborasi dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk kembali memberikan program Mudik Motor Gratis (Motis) pada Hari Raya Idul Fitri 1444H/2023.

"Tahun ini kami akan siapkan sebanyak 10.440 slot motor yang secara gratis dikirimkan ke lokasi tujuan mudik penumpang pada Lebaran mendatang, terlebih di tahun ini kami sediakan kapasitas Motis yang jauh lebih banyak daripada tahun lalu, karena kondisi Covid-19 saat ini sudah jauh lebih kondusif, " ujar Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api, Djarot Tri Wardhono dalam keterangan resminya.

   Baca Juga: AISMOLI Usulkan Kesamaan Dimensi Baterai Swap Motor Listrik

Mudik Balik Bareng Honda

Pendaftaran program ini dimulai pada 1 Maret sampai 3 Mei 2023 via online maupun offline di stasiun-stasiun kereta api khusus layanan luar kota. Motis 2023 akan melayani tiga lintas pelayanan di antaranya: Lintas Utara dengan rute Cilegon - Jakarta Gudang - Semarang Tawang; Lintas Tengah rute Jakarta Gudang - Purwosari; dan Lintas Selatan rute Kiaracondong - Purwosari.

"Selain itu, untuk mengoptimalkan keselamatan dan kenyamanan penyelenggaraan motis di tahun ini, DJKA juga akan mengintegrasikan angkutan motis dengan pelayanan KA PSO di mana peserta program motis akan mudik bersama kendaraan motornya dengan tarif yang sangat terjangkau, cukup membayar tarif mulai 10 ribu hingga 20 ribu rupiah saja peserta motis dapat bermudik ke kampung halamannya," pungkas Djarot.

   Baca Juga: RC Motogarage Resmikan Outlet Baru di Surabaya

Angkutan mudik motis akan diselenggarakan pada 11 - 20 April dan angkutan balik 25 April - 4 Mei 2023. Alasan Pemerintah meminta masyarakat untuk menggunakan kendaraan umum daripada menggunakan sepeda motor adalah karena angka kecelakaan pemotor saat mudik cukup tinggi.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.