Naikan TKDN, Motor Listrik Gesits Bakal Pakai Baterai Produksi Lokal IBC

Naikan TKDN, Motor Listrik Gesits Bakal Pakai Baterai Produksi Lokal IBC
Jumat, 3 Maret 2023 08:00
Ruslan Abdul Gani

Motor listrik Gesits yang merupakan merek dalam negeri terus berupaya meningkatkan kandungan komponen lokal di motornya. Rencananya, Gesits bakal menggunakan baterai produksi Indonesia Battery Corporation (IBC).

Meski baterai IBC masih dalam tahap pengembangan, Gesits tidak sabar untuk menunggu. Jika sudah siap, maka Gesits akan langsung menggunakannya di motor listrik Raya dan G1.

   Baca Juga: Gesits Tunggu Subsidi Motor Listrik Direalisasikan Pemerintah

Gesit Bakal Pakai Baterai IBC

Bernardi Djumiril selaku Direktur Utama PT WIKA Industri Manufaktur (WIMA) mengatakan pemakaian baterai dalam negeri merupakan salah satu peta jalan bisnis perusahaan.

"Kalau untuk baterai saat ini memang salah satu peta jalan kami untuk menaikkan lokalisasi. Jadi, yang dipakai saat ini masih impor, saat ini R&D masih terus berjalan dan ini mudah-mudahan kami sudah bisa menggunakan baterai karya anak bangsa dari IBC," ujar Bernardi saat ditemui beberapa waktu lalu di Kemayoran, Jakarta.

Bernardi mengatakan untuk saat ini Gesits masih menggunakan baterai yang ada. "Saat ini kami masih pakai baterai yang ada, di mana untuk R&D masih berjalan. Kami harapkan akhir tahun ini kami ada kejutan-kejutan lain," lanjutnya.

Gesit Bakal Pakai Baterai IBC

   Baca Juga: Mau Mudik Gratis Satu Kereta dengan Motor Kesayangan? Ini Caranya

Saat ini, Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) motor listrik Gesits mencapai hampir 47 persen atau tepatnya 46,72 persen. Angka tersebut bisa naik jika sudah pakai baterai dari IBC. 

Soalnya, menurut informasi yang beredar, TKDN cukup penting karena berkaitan dengan rencana pemerintah mengenai subsidi motor listrik. Rencananya, subsidi hanya diberikan kepada merek motor listrik yang sudah rakitan lokal. Meski demikian, belum dijelaskan berapa TKDN minimumnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.