Motor Sering Menghantam Lubang? Ini Beberapa Komponen yang Jadi Cepat Rusak

Motor Sering Menghantam Lubang? Ini Beberapa Komponen yang Jadi Cepat Rusak
Kamis, 2 Maret 2023 10:00
Ruslan Abdul Gani

Memasuki musim penghujan biasanya jalanan banyak yang rusak dan berlubang. Para pengendara motor sering tidak sengaja menghantam lubang saat melintas di jalan raya. Lantas, komponen apa yang sering rusak jika sering menghantam lubang?

Ujang, Pemilik Ardi Motor menjelaskan ada beberapa komponen yang bisa mengalami kerusakan jika sering menghantam lubang. "Salah satu komponen yang sering rusak itu bearing atau laher roda," ujar Ujang kepada OtoRider di Cijantung, Jakarta Timur.

   Baca Juga: Kenali Tanda Kampas Rem Motor yang Sudah Perlu Diganti, Apa Saja?

Komponen yang Rusak Jika Sering Hantam Lubang

Lebih lanjut, Ia menjelaskan bearing atau laher berfungsi sebagai poros dari roda motor. Jadi, jika sering terkena hantaman yang cukup keras dari lubang dan jalan rusak, akan cepat aus atau oblak.

Kemudian, komponen lain yang kerap rusak akibat dari menghantam lubang yaitu komstir. "Komstir kan ada bearing-nya mirip dengan laher di roda, makanya jika sering terkena hantaman akan rusak juga," ucap Ujang.

Komponen yang Rusak Jika Sering Hantam Lubang

Selain itu, pelek bisa rusak jika sering menghantam lubang. "Pelek motor juga bisa peyang atau oleng jika sering hantam lubang, apalagi lubangnya besar bisa pecah pelek dan membahayakan pengendara," jelasnya.

Komponen yang Rusak Jika Sering Hantam Lubang

   Baca Juga: Catat! Begini Perawatan Stiker yang Baik dan Benar pada Motor

Terakhir, komponen suspensi atau shock breaker juga akan mengalami kerusakan jika sering menghantam lubang. "Seal shock akan cepat rusak karena sering dapat tekanan kencang saat motor hantam lubang, biasanya shock jadi cepat bocor dan menjadi keras," terangnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.