PLN Siap Menyediakan Fasilitas Tukar Baterai untuk Motor Listrik

PLN Siap Menyediakan Fasilitas Tukar Baterai untuk Motor Listrik
Kamis, 18 Mei 2023 23:50
Benny Averdi

PERIKLINDO Electric Vehicle Show (PEVS) baru saja dibuka. Ajang yang berlangsung dari 17-21 Mei di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat ini memamerkan kendaraan listrik terkini di Tanah Air dan juga para industri pendukungnya, seperti perusahaan baterai dan PLN.

PLN atau Perusahaan Listrik Negara merupakan Badan Usaha Milik Negara yang memberikan fasilitas kelistrikan bagi masyarakat Indonesia. Di era elektrifikasi kendaraan, PLN pun berperan serta untuk mendukung penggunaan kendaraan EV (electric vehicle) atau kendaraan bermotor listrik berbasis baterai di Indonesia.

   Baca Juga : Motor Listrik Bekas KTT Asean Dihibahkan ke Polres Manggarai Barat

"Kami mendukung program elektrifikasi yang dicanangkan pemerintah, namun pada pelaksanaannya tentu PLN tidak bisa sendirian, harus ada pihak lain yang bisa bekerja sama," terang Wilfrid Siregar, Senior Officer Penjualan Direktorat Niaga, Pusat, PLN Indonesia saat press conference booth PLN di Kemayoran, Jakarta Pusat pada Rabu (17/5).

SPKLU PLN

Menurutnya, sebanyak 616 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dan 1.163 SPBKLU tersebar di Indonesia. Sejauh ini, SPBKLU bekerja sama dengan perusahaan swasta yang memasarkan motor listrik di Indonesia. "Kami tidak sendirian, tetapi juga didukung oleh pihak swasta untuk penyebaran SPBKLU ini," terang Wilfrid.

   Baca Juga: Klasemen Kejuaraan Konstruktor dan Tim MotoGP 2023 Usai Seri Prancis

Ia pun berharap banyak pihak mau melakukan kerja sama agar lebih tersebar lagi di berbagai tempat, meski saat ini masih terkendala soal standarisasi baterai.

"Kalau ada standarisasi tentang dimensinya, tentu akan bisa memperluas jaringan dan mampu memenuhi kebutuhan banyak pengguna motor listrik," ungkapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.