Kebiasaan Ini yang Bikin Rem Motor Blong Saat Turunan Panjang

Kebiasaan Ini yang Bikin Rem Motor Blong Saat Turunan Panjang
Rabu, 17 Mei 2023 12:50
Ruslan Abdul Gani

Beberapa waktu lalu, ramai kejadian motor mengalami rem blong saat melewati turunan panjang. Parahnya lagi, motor yang mengalami masalah tersebut sampai tersangkut di pohon dan pengendaranya mengalami luka-luka.

Masalah rem blong saat di turunan panjang ini lebih sering dialami oleh jenis motor matic. Lantas, apa penyebabnya?

   Baca Juga: Modifikasi Kelistrikan Halfwave ke Fullwave di Motor, Perlu Apa Saja?

Ayi Kurnia selaku Service Advisor Yamaha Putra Agung Ciganjur, Jakarta Selatan menjelaskan penyebab rem blong yang terjadi pada motor matic saat di turunan panjang itu karena cara berkendara yang kurang benar.

Penyebab Rem Blong

"Pengendara ada yang punya kebiasaan menekan tuas rem secara terus menerus saat turunan panjang, makanya rem bisa blong," ujar Ayi Kurnia saat disambangi OtoRider di Ciganjur, Jakarta Selatan.

Kebiasaan menempelkan jari di tuas rem membuat piringan dan kampas rem menjadi terlalu panas. Panas yang dihasilkan bisa berpengaruh mendidihkan minyak rem.

Penyebab Rem Blong

   Baca Juga: Catat! Ini Waktu Servis Tahun Pertama Yamaha Grand Filano

"Minyak rem kalau mendidih bisa menyebabkan angin palsu, kalau sudah begitu pasti rem bakalan blong. Selain itu, sil-sil karet yang ada di kaliper juga bisa rusak akibat kepanasan," jelas Ayi.

Jadi, supaya motor tidak mengalami rem blong, sebaiknya tuas rem dilepas bila tidak sedang diperlukan. Hal itu bertujuan supaya kampas rem tidak terus bergesekan dengan piringan dan bisa bikin panas berlebih.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.