Saingi Honda, KTM Buat Transmisi Semi-otomatis di Motor Touringnya

Saingi Honda, KTM Buat Transmisi Semi-otomatis di Motor Touringnya
Senin, 29 Mei 2023 20:45
Ruslan Abdul Gani

KTM dikabarkan tengah menyiapkan sistem transmisi semi-otomatis untuk mesin LC8 yang berkapasitas 1.301cc V-twin. Tipe mesin tersebut disematkan pada motor jenis touring miliknya, yakni KTM 1290 Super Adventure dan 1290 Super Duke GT.

Seperti diketahui, pabrikan Honda telah lebih dulu menggunakan sistem transmisi semi-otomatis atau yang lebih dikenal dengan nama DCT (dual clutch transmission) di CRF1000L Africa Twin. Honda kini telah menjual lebih dari 200.000 motor dengan transmisi tersebut di seluruh Eropa.

   Baca Juga: Cocok Buat Harian, Nolan Rilis N30-4 Series di Indonesia

Melansir dari Motorcyclenews, KTM akan mengembangkan sistem transmisi semi-otomatis yang lebih sederhana dibanding Honda. Desain transmisi DCT Honda dinilai lebih rumit dan berat.

KTM Ingin Buat Transmisi Semi-otomatis

Kinerjanya membutuhkan sistem elektronik dan hidrolik untuk beroperasi serta tanpa opsi menggunakan kopling dan pemindah gigi dengan cara yang sepenuhnya konvensional, sedangkan desain KTM diklaim jauh lebih mudah.

Sistem transmisi semi-otomatis di KTM nantinya bakal menggunakan kopling sentrifugal untuk menghubungkan mesin dengan transmisi. Kopling berfungsi saat putaran mesin di atas idle, jadi bisa berhenti tanpa harus menekan tuas kopling.

Kemudian pada saat motor berjalan, sistem quickshifter dan blipper naik-turun bekerja. Jadi, ketika perpindahan gigi dapat dilakukan tanpa menekan kopling lagi. Memang teknologi KTM ini tidak sehalus DCT milik Honda, namun sistem tersebut lebih hemat dari biaya sampai bobot.

KTM Ingin Buat Transmisi Semi-otomatis

   Baca Juga: Vespa Dual Resmi Meluncur, Harga Mulai Rp 23 Jutaan

Selain itu, KTM juga sudah menyiapkan sistem rem parkir yang berbeda dari produk lainnya. Sistem pengunci diletakkan di transmisinya untuk mencegah motor berjalan sendiri saat parkir.

Tak hanya itu, ada juga electric actuator yang bertugas memindahkan shift drum. Dengan begitu, penggantian gigi bisa melalui tombol yang dipasang ke saklar setang.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.