Ciri dan Cara Mengecek Knalpot Motor yang Bocor

Ciri dan Cara Mengecek Knalpot Motor yang Bocor
Sabtu, 27 Mei 2023 09:00
Ruslan Abdul Gani

Knalpot punya banyak fungsi di mesin, mulai dari meredam suara bising ruang bakar, mengurangi kadar emisi gas buang berbahaya, melepaskan panas hingga menurunkan tekanan gas buang. Seiring pemakaian, knalpot juga bisa mengalami masalah, salah satunya timbul kebocoran. Lantas, bagaimana ciri dan cara deteksi knalpot bocor?

Ayi Kurnia selaku Service Advisor Yamaha Putra Agung Ciganjur, Jakarta Selatan menjelaskan salah satu ciri knalpot motor bocor biasanya suhu mesin akan menjadi lebih panas. Selain itu, knalpot juga menembak ketika motor digunakan.
   Baca Juga: Garansi Mesin Bisa Hangus, Ini Pentingnya Servis Motor Baru

Ciri Knalpot Bocor di Motor

"Ketika motor dipakai jalan dan saat posisi menutup gas, biasanya knalpot yang bocor akan timbul nembak," ujar Ayi saat disambangi OtoRider beberapa waktu lalu.

Ayi menjelaskan terkadang kedua ciri atau gejala tadi tidak selalu timbul di knalpot bocor. "Kalau tidak timbul ciri tadi, ada cara deteksi untuk mengetahui kebocoran," ucap Ayi.

Ciri Knalpot Bocor di Motor

   Baca Juga: Cara Menentukan Waktu Ganti Busi di Motor, Tergantung dari Jenisnya?

Caranya yaitu dengan menyalakan mesin terlebih dahulu, lalu tutup ujung lubang knalpot menggunakan tangan atau benda lain. "Jika knalpot bocor, pasti akan muncul suara berdesis," jelasnya.

Knalpot yang bocor bisa disebabkan dari kondisi retak atau berlubang. Selain itu, penyebab lain bisa dari posisi sambungan ujung leher knalpot dengan head silinder yang tidak pas. "Paking dan ujung leher knalpot tidak pas itu karena pemasangan yang kurang baik saat melepas knalpot," ungkapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.