Tingkatkan Keselamatan, Piaggio Bakal Pasang Fitur Airbag di Model MP3

Tingkatkan Keselamatan, Piaggio Bakal Pasang Fitur Airbag di Model MP3
Minggu, 30 April 2023 19:30
Ruslan Abdul Gani

Sebagai upaya meningkatkan keselamatan, Piaggio menggandeng Autoliv untuk mengembangkan sistem airbag yang akan dipasang pada Piaggio MP3, skutik tiga rodanya. Jika langkah ini berhasil, Piaggio menjadi pabrikan kedua yang kedapatan mematenkan desain untuk menyematkan airbag pada sepeda motor.

Melansir dari Rideapart, Honda menjadi pabrikan pertama yang telah mendaftarkan paten serupa untuk dipasangkan pada model Gold Wing. Piaggio dan Autoliv sendiri kabarnya sudah menjalin kerja sama ini sejak ajang EICMA 2021.

   Baca Juga: Spek Vespa Primavera Indonesia di Rally Audax Roma Castelli E Romani

Piaggio Bakal Sematkan Fitur Airbag di Motor MP3

Autoliv merupakan perusahaan yang fokus pada teknologi airbag. Dengan pengalaman dan dukungan Piaggio, disebut bakal memudahkan implementasi mimpi memproduksi airbag pada sepeda motor dan segera dipasarkan secara umum.

Pada segi desain, airbag dari Autoliv dan Piaggio ini ditandai dengan komponen yang sangat besar. Saat dilipat, komponen ini ditempatkan di belakang fairing, tepat di bawah setang.

Piaggio Bakal Sematkan Fitur Airbag di Motor MP3

   Baca Juga: Shoei Luncurkan Helm Terbaru Z8 Edisi Marc Marquez American Spirit

Untuk sistem kerjanya hampir serupa dengan airbag di mobil. Tapi, airbag ini berada di belakang penutup yang dapat terbuka dalam hitungan milisecond saat airbag dipompa oleh generator gas kimia bertenaga listrik.

Kedua perusahaan ini telah membuat celah penutup pada airbag tersebut. Ketika sedang bekerja saat mengembang, airbag langsung mengamankan tubuh bagian atas dan kepala guna melindungi pengendara.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.