VIDEO: Intip Proses Pembuatan Rangka eSAF yang Diduga Keropos

VIDEO: Intip Proses Pembuatan Rangka eSAF yang Diduga Keropos
Rabu, 23 Agustus 2023 12:45
Thio Pahlevi

OTORIDER - PT Astra Honda Motor (AHM) memperkenalkan teknologi rangka terbarunya bernama enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) pada 2019 lalu. Rangka ini pertama kali digunakan pada Honda Genio sejak Juli 2019. Belakangan, rangka tersebut tengah menjadi perbincangan karena diduga mengalami karat dan keropos.

Selain Honda Genio, rangka itu juga diaplikasikan pada BeAT serta BeAT Street sejak Januari 2020. Honda Scoopy menyusul memakai rangka ini pada November 2020. Terakhir, Honda membekali rangka tersebut di Vario 160 pada Februari 2022.

   Baca Juga: Catat! Ini Prosedur dan Cara Klaim Garansi Rangka Motor Honda

Saat melakukan kunjungan pada September 2019, rangka eSAF dibuat di pabrik AHM yang berada di MM2100 Cikarang, Jawa Barat. Proses pembuatan dimulai dari lembaran pelat baja dan dibentuk hingga menjadi rangka utuh. Rangka eSAF pada Honda Genio menggunakan proses produksi mutakhir seperti press serta laser welding.

Rangka eSAF Honda Pabrik Karawang

Rangka eSAF diklaim mampu memberi pemanfaatan ruang bagasi serta tangki bahan bakar yang semakin efisien. Honda Genio mempunyai kapasitas bagasi sebesar 14 liter, BeAT 12 liter, Scoopy 15,4 liter, dan Vario 160 18 liter. Sementara, tangki bahan bakar Genio, BeAT, dan Scoopy sebanyak 4,2 liter serta Vario 160 5,5 liter.

   Baca Juga: Tanggapan AHM Soal Kemungkinan Recall Rangka eSAF, Kapan Dilakukan?

Menanggapi kasus dugaan keroposnya rangka eSAF, AHM pun memberikan komentar. "Bawa ke bengkel resmi (AHASS), nanti akan diperiksa. Jika terbukti kesalahan pembuatan dan masih dalam masa garansi, akan kami ganti sesuai prosedurnya," ucap Ahmad Muhibbuddin, General Manager Corporate Communication AHM saat ditemui di kawasan ICE BSD, Tangerang, Banten.

Berikut video proses pembuatan rangka eSAF yang dipakai pada Honda Genio:

(*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.