Yamaha R3 2025 Ternyata Punya Warna Mirip Aerox Cyber City

Rabu, 23 Oktober 2024 15:00
Ilham Pratama

Belum lama ini Yamaha Eropa merilis R3 versi 2025 yang mendapat sejumlah revisi. Motor kembaran Yamaha R25 ini punya eksterior yang berubah total.

Yamaha R3 2025 Ternyata Punya Warna Mirip Aerox Cyber City Yamaha R3 2025. (Foto: Yamaha USA)

OTORIDER - Belum lama ini Yamaha Eropa merilis motor sport fairing YZF-R3 versi 2025 yang mendapat sejumlah revisi. Motor kembaran Yamaha R25 ini punya eksterior yang berubah total.

Pengenalan model baru tersebut awalnya dilakukan untuk pasar Eropa dengan dua pilihan warna, yakni Team Yamaha Blue (biru) dan Matte Stealth Black (hitam). Namun, menyusul juga Yamaha R3 versi Amerika Serikat dengan satu warna tambahan berjuluk Lunar White/Nebula Blue.

Berbeda dari dua Yamaha R3 di Eropa yang tampil polos, opsi warna Lunar White/Nebula Blue ini menampilkan kombinasi putih lembayung dengan biru bunglon. Sehingga, kesan yang ditampilkan pada motor full fairing itu terlihat futuristik.

Warna yang menarik ini juga ditanggapi oleh PR Manager PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Rifki Maulana saat ditemui di Makassar, Sulawesi Selatan akhir pekan lalu. "Coba lihat warnanya, yang biru itu mirip dengan Aerox Cybercity kan?" katanya.

Namun, dirinya belum bisa menjawab secara pasti ketika ditanya apakah Yamaha R3 versi 2025 juga diproduksi di Indonesia seperti model sebelumnya. "Saya belum bisa bilang ini dari mana, karena harus tanya tim produksi dulu," ucap pria ramah tersebut.

Lebih lanjut, adanya perbedaan pilihan warna tiap negara dan region, tergantung tren yang berkembang. "Tapi sebelumnya sudah ada riset terlebih dahulu soal warna yang akan dipakai di pasar tersebut," jelas Rifki.

Di sisi lain, semakin meluasnya pasar Yamaha R3 2025, bisa jadi menandakan semakin dekatnya peluncuran R25 baru? "Soal akan jadi R25, tunggu saja, kalau ada kami undang," paparnya diplomatis.

Sekilas Yamaha R3 2025

Di model baru, revisi paling tampak dari Yamaha R3 2025 adalah tampilan eksteriornya. Mulai dari fairing depan lebih agresif dengan styling yang aerodinamis. Ini berkat penggunaan winglet di sisi fairing. Winglet sendiri berfungsi untuk menambah downforce, sehingga motor lebih stabil dan aerodinamis.

Secara spesifikasi, Yamaha R3 2025 belum melakukan pergantian mesin. Motor ini masih tertanam mesin tipe 2-silinder berpendingin cair bertenaga 42 PS.

Mesin itu sendiri punya basis yang sama dengan R25 di Indonesia, namun dengan volume lebih besar, yakni 321 cc. Sedangkan R25 dipatok 249 cc untuk mengikuti regulasi ukuran mesin di Indonesia. Makanya, R3 tidak dijual di Indonesia.

Di edisi anyar ini juga sudah terdapat tambahan fitur Assist & Slipper Clutch di sektor transmisi untuk memperhalus perpindahan giginya. Selain itu, motor ini memiliki speedometer tipe digital yang mirip dengan pendahulunya. Namun ada skema warna dan bentuk bar yang diubah sedikit. Bedanya, speedometer versi baru sudah bisa terintegrasi dengan smartphone via aplikasi MyRide. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Ikuti Channel kami pada tombol dibawah ini.
Telegram Channel
Google News
Bagikan  

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.