Alasan Motor Listrik United T1800 Tidak Bisa Baterai Swap

Alasan Motor Listrik United T1800 Tidak Bisa Baterai Swap
Minggu, 13 Desember 2020 11:00
Brian

Pemerintah Indonesia sedang mencanangkan sebuah wacana untuk sistem swap baterai pada motor listrik. Namun terdapat suatu kendala yang mana baterai pada motor listrik memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Seperti United T1800 yang baru diluncurkan kemarin, bahkan belum menyediakan fitur swap baterai.

Menanggapi hal ini Awan Setiawan selaku Manager e-Motor Division PT Terang Dunia Internusa mengatakan hal yang sama. Menurutnya setiap motor listrik punya spesifikasi baterai yang berbeda-beda. Sehingga belum bisa melakukan baterai swap seperti yang dicanangkan Pemerintah.

   Baca Juga: Detail Spesifikasi Skutik Hybrid Terbaru, Honda PCX e:HEV

"Kami para produsen motor listrik sudah beberapa kali diskusi dengan pemerintah dan memberikan input untuk standarisasi baterai. Saat ini setiap motor listrik yang ada masih memiliki baterai yang beda. Nanti pemerintah akan menyiapkan standarisasinya," ujar Awan dalam peluncuran produk baru di Tangerang, Sabtu (12/12).

Motor listrik UNITED E-Motor T1800

 

Awan menyebutkan jika pemerintah sudah menetapkan standarisasi baterai, maka pihaknya akan mengikuti ketentuan tersebut. Saat ini dirinya hanya memfokuskan diri pada charging konvensional untuk dilakukan di rumah. Oleh karenanya United T1800 menggunakan baterai lithium berkapasitas 60V 28Ah.

   Baca Juga: VIDEO: United Electric Motor T1800 2020 - First Ride Review | Indonesia | OtoRider

"Untuk pengisian daya, kami fokusnya untuk kebutuhan charging di rumah. Di Indonesia, sebenarnya ada 4 tipe charging, charging di rumah, charging di kantor, fast charging, dan ultra charging," ujar Awan.

"Saat ini semua motor listrik hampir sama, pakai yang tipe charge di rumah dan di kantor. Waktu charging-nya juga hampir sama yakni 4-8 jam. Tergantung ampere-nya, kalau ampere lebih besar pengisian akan lebih cepat," pungkas Awan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.