BMW Kucurkan Dana 130 Juta Dolar untuk Teknologi Baterai Solid-State

BMW Kucurkan Dana 130 Juta Dolar untuk Teknologi Baterai Solid-State

Era motor listrik makin ramai dengan masing-masing pabrikan motor yang tengah mencari teknologi canggih. Mulai dari baterai yang dapat ditukar hingga teknologi hibrida listrik yang dipatenkan Kawasaki. Sekarang BMW tengah bekerjasama dengan Ford untuk melahirkan teknologi baterai solid-state.

Dilansir dari Ride Apart, dua raksasa otomotif tersebut tengah meminta bantuan start up yang berbasis di Colorado bernama Solid Power. Bantuan ini untuk mengintegrasikan teknologi baterai solid-state ke dalam jajaran produk mereka pada tahun 2030. Investasi senilai 130 juta dolar dikucurkan untuk menghasilkan baterai solid-state 100 Ah untuk pengujian di tahun 2025.

   Baca Juga: Kawasaki Hanya Jual Motor Listrik di Tahun 2030?

Ford dan BMW percaya baterai dengan teknologi tersebut akan mengurangi biaya pembuatan motor listrik. Ditambah baterai dengan teknologi solid-state juga dapat meningkatkan jangkauan jarak tempuh.

Baterai Solid-State

Laporan menyebutkan baterai tersebut menggunakan sel berbasis sulfida yang menawarkan kepadatan energi 50% lebih banyak dari lithium-ion. Perusahaan juga memastikan elektrolit padatnya tidak mudah terbakar. Jika baterai solid-state ini diproduksi dalam skala penuh, kedua merek tersebut dapat mengurangi biaya produksi hingga 40%.

   Baca Juga: Skuter Listrik Honda Benly:e Tertangkap Kamera Sedang Pengetesan

Berdasarkan perjanjian tersebut, Solid POwer akan mulai mengembangkan baterai solid-state untuk aplikasi otomotif pada tahun 2022. Mengenai model produk yang akan mendapatkan baterai ini kabarnya didahului pada produk mobil. Namun besar kemungkinannya akan berpengaruh pada motor listrik keluaran BMW nantinya.

 

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id