FIRST RIDE: Motor Listrik India TVS iQube Bisa 80 Km/jam!

FIRST RIDE: Motor Listrik India TVS iQube Bisa 80 Km/jam!

TVS Motor Company Indonesia memiliki produk motor listrik yang sangat unik yaitu TVS iQube. Motor listrik yang satu ini memang belum dipasarkan di tanah air. Meski demikian, perusahaan asal India itu memberikan kesempatan kepada OtoRider untuk mencicipi produk barunya itu.

Impresi pertama menunggangi TVS iQube adalah bobot kendaraan yang cukup berat. Hal ini mulai terasa sejak mendirikan motor dari posisi standar sampingnya. Beratnya motor tersebut dikarenakan tiga bongkah baterai yang dipasangkan di dalam motor tersebut.

Meski motor tersebut berat, posisi berkendaranya terbilang cukup nyaman untuk digunakan. Posisi antara setang, jok, dan dek terasa cukup pas dan memberikan ergonomi terbaik. Terlebih bagian jok terasa sangat lebar dan empuk, sehingga menambah kenyamanan berkendara.

Motor Listrik TVS iQube

 

Kemudian mengenai performanya, TVS iQube bisa dibilang memiliki tenaga yang cukup baik di kelasnya. Pada mode berkendara eco, tenaga di putaran bawah terasa cukup halus dan nyaman untuk dikendarai. Sementara pada mode berkendara power, motor listrik ini memberikan tenaga yang dibutuhkan pengendaranya.

   Baca Juga: Mengenal TVS iQube, Motor Listrik yang Belum Dijual di Indonesia

Kami pun mencoba kecepatan tertinggi dari masing-masing mode tersebut. Tercatat pada mode eco motor mampu melaju hingga 40 km/jam dan pada mode power motor listrik ini mampu melaju hingga 80 km/jam. TVS juga memberikan regenerative brake yang langsung berfungsi ketika kita melakukan deselerasi.

Motor Listrik TVS iQube

 

Bagian pengereman pun terbilang bekerja cukup baik untuk melakukan deselerasi. Begitu juga bagian suspensinya mampu meredam jalan yang tidak begitu rata. Meskipun di jalanan berlubang, suspensi terasa kurang memadai untuk meredamnya.

   Baca Juga: Motor Listrik TVS iQube Diklaim Sudah Jalani Uji Tipe

Sayangnya dengan segala kemampuan akselerasi TVS iQube, motor listrik ini bisa terbilang cukup boros. Baterai terasa cepat habis ketika digunakan dalam beberapa putaran saja. Terutama ketika pengendara selalu mengandalkan performa yang maksimal.

Kelebihan

1. Performa memumpuni
2. Posisi berkendara nyaman
3. Tampilan futuristis

Kekurangan

1. Motor terlalu berat
2. Bodi motor bagian depan ringkih
3. Baterai boros

Detail Spesifikasi TVS iQube

Motor Listrik: BLDC 4400 W
Kapasitas Baterai: 52V 14Ah
Jumlah Baterai: 3
Tipe Baterai: Li-ion
Tenaga Maksimal: 5,98 PS
Torsi Maksimal 140 Nm
Transmisi: Otomatis

PxLxT: 1.805 x 645 x 1.140 mm
Jarak Terendah ke Tanah: 157 mm
Wheelbase: 1.301 mm
Berat Kering: 118 kg
Berat Basah: 130 kg

Rangka: Underbone
Suspensi Depan: Teleskopik
Suspensi Belakang: Dual Shockbreaker
Ban depan: 90/90 ring 12
Ban Belakang: 90/90 ring 12
Pengereman depan: Disc Brake 220 mm
Pengereman belakang: Tromol

 

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id