First Ride: Motor Listrik Rp 20 Jutaan, Rakata X5

First Ride: Motor Listrik Rp 20 Jutaan, Rakata X5

Rakata X5 merupakan motor listrik anyar yang masuk pasar Indonesia baru-baru ini. Salah satu keunikan dari motor ini adalah harga banderolnya yang cukup kompetitif yakni Rp 20,5 juta. Kira-kira bagaimana rasa berkendara dari motor listrik yang baru dijual di Indonesia ini?

Rakata pun memberikan kesempatan pada OtoRider untuk merasakan langsung motor listrik X5 mereka. Impresi pertama menunggangi Rakata X5 adalah motornya yang sangat ringan untuk ditunggangi. Hal ini bisa dirasakan dari saat menggunakan standar tengah atau saat mendirikan motor dari standar sampingnya.

Motor Listrik Rakata X5

Selanjutnya, bagian suspensinya terasa cukup empuk pada saat motor diam atau melibas sejumlah jalanan yang tidak rata. Bagian jok juga terasa cukup empuk dan sangat nyaman untuk ditunggangi. Hanya saja kulit jok terasa terlalu elastis yang membuat posisi duduk berubah-ubah. 

   Baca Juga: Tes Akselerasi Motor Listrik NIU NQI Sport, Mampu Melaju Seberapa Cepat?

Sayangnya kenyamanan jok dan suspensi Rakata X5 tidak diimbangi dengan ergonomi berkendara yang baik. Pada saat posisi duduk normal, dek terasa cukup tinggi yang membuat pengendara sedikit jongkok. Bagian setang juga dirasa cukup dekat sehingga menyentuh dengkul saat hendak dibelokkan.

Motor Listrik Rakata X5

Mengenai performanya, Rakata X5 terasa cukup responsif saat ditarik tuas gasnya. Tenaga yang dihasilkan cukup besar dan spontan membuat sensasi berkendara yang menyenangkan. Hanya saja controller dari motor listrik ini dibatasi hingga 50 km/jam saja, sehingga dirasa kurang puas untuk digunakan di jalan raya.

   Baca Juga: Spesifikasi Motor Listrik Baru Rakata X5, Cuma Rp 20 Jutaan!

Handling dari Rakata X5 ini bisa dibilang cukup baik, mengingat motor cukup ringan sehingga mudah dikendalikan. Radius putar pun terasa cukup dekat sehingga tidak perlu repot untuk memperhitungkan saat hendak balik arah. Sayangnya bagian standar tengah dirasa terlalu dekat ke tanah, sehingga saat manuver belok beberapa kali standar menggaruk aspal.

Kelebihan
- Tenaga responsif
- Harga kompetitif
- Suspensi empuk

Kekurangan
- Pengerjaan bodi kurang rapi
- Posisi duduk kurang ergonomis
- Kulit jok terlalu elastis

Berikut Detail Spesifikasi Rakata X5

Baterai: 1 x 60V20Ah Removable Lithium Battery
Dimensi: 1720 x 650 x 1100mm
Motor: Bosch 1750w Motor
Jarak: Sumbu    1270mm
Rem: Front & Rear Disk Brake
Ban: 3.0-10″ Tubeless
Kecepatan: 55km/h
Jarak Tempuh Max: Max.60 km
Kemampuan Menanjak: 12(24%)

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id