Isi Daya Motor Listrik Lebih Murah Daripada Beli Bensin

Isi Daya Motor Listrik Lebih Murah Daripada Beli Bensin
Senin, 1 Februari 2021 13:00
Brian

Beberapa waktu belakangan ini, OtoRider tengah melakukan pengetesan pada motor listrik United T1800. Salah satu pengetesan yang kami lakukan adalah seberapa besar biaya pengecasan sebuah motor listrik. Ternyata hasil yang kami dapatkan pun cukup menarik untuk dibahas.

Seperti telah kami beritakan, United T1800 sendiri memiliki baterai berkapasitas 60V 28Ah. Baterai tersebut diklaim dapat digunakan hingga menempuh jarak lebih kurangnya 60 km dalam posisi penuh. Sementara untuk pengecasannya membutuhkan waktu selama 4 jam.

   Baca Juga: Sepeda Listrik Baru Viar Caraka Secara Resmi Diluncurkan

Kami mencoba menghitung biaya yang keluar untuk mengecas penuh baterai United T1800. Daya listrik yang dipakai kami catat menggunakan alat kWH meter. Hasilnya, untuk mengisi baterai motor listrik United T1800 membutuhkan daya 550 Wh.

kWh Meter Motor Listrik United T1800

Sesuai dengan klaim dari pihak United, pengecasan motor listrik T1800 hanya membutuhkan waktu lebih kurangnya 4 jam. Artinya untuk mengisi baterai tersebut membutuhkan listrik sebesar 2200 Wh atau 2,2 kWh. Harga daya listrik sendiri mencapai Rp 1.467 per kWh, artinya untuk mengisi baterai hingga penuh hanya membutuhkan biaya sebesar Rp 2.227 saja.

   Baca Juga: Detail Spesifikasi Sepeda Listrik Baru Viar Caraka

Harga ini tentunya lebih murah dibandingkan membeli satu liter bensin jenis apapun. Penggunaannya pun bisa dibilang lebih irit dibandingkan dengan motor bermesin bensin.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.