Piaggio Komersial Luncurkan Dua Motor Listrik Roda Tiga

Piaggio Komersial Luncurkan Dua Motor Listrik Roda Tiga

 

Piaggio Komersial di bawah PT Bagaskoro Mega Langgeng (BML) meluncurkan dua motor listrik komersial. Uniknya kedua motor ini memiliki konfigurasi roda tiga, satu di depan dan dua di belakang. Keduanya adalah Piaggio Ape E-Xtra untuk membawa barang dan Piaggio Ape E-City untuk membawa penumpang.

Kristianto Goenadi selaku President Director PT BML yang merupakan distributor Piaggio Ape mengatakan, kendaraan roda tiga ini menyasar ke perusahaan. Artinya konsumen dari kedua motor listrik Piaggio Ape mengincar pembelian fleet untuk perusahaan logistik. Piaggio Komersial ini juga turut menjadi satu dalam Piaggio Group.

Motor Listrik Roda Tiga Piaggio Ape

"Karena saat ini perusahaan logistik diharuskan 10 sampai 20% kendaraannya menggunakan listrik. Saat ini di Indonesia Piaggio Komersial menjadi satu-satunya penyedia kendaraan roda tiga berbasis listrik," ujar Kristianto dalam peluncuran motor listrik Piaggio Ape, Selasa (14/12) di BSD, Tangerang Selatan, Banten.

   Baca Juga: Piaggio Group dan BP Kerjasama Percepat Revolusi Kendaraan Listrik

Piaggio Ape E-Xtra sendiri memiliki bak yang cukup luas dengan panjang dek mencapai 1,8-2 meter dan lebar 1,5 meter. Model ini dibekali penggerak listrik berkekuatan 9,55 kW yang dapat menghasilkan torsi sebesar 45 Nm. Penggerak tersebut dibekali baterai Lithium Ion 51,2 V dengan kapasitas 8 kWh.

Motor Listrik Roda Tiga Piaggio Ape

Hasilnya Piaggio Ape E-Xtra dapat melaju hingga 45 km/jam dengan jarak mencapai 90 kilometer. Motor listrik roda tiga ini juga dapat melahap tanjakan dengan gradeability hingga 17%. Sementara untuk mengisi daya baterainya membutuhkan daya 3,5 jam dari 20% hingga penuh.

   Baca Juga: Tampil Unik, NIU Hadirkan Produk Kolaborasi dengan Gundam

Sementara Piaggio Ape E-City memiliki tempat duduk penumpang di belakang, layaknya sebuah bajaj. Model ini dibekali penggerak listrik berkekuatan 5,4 kW yang menghasilkan torsi 29 Nm. Baterainya menggunakan lithium-ion, 48 V, berkapasitas 4,5 kWh.

Motor Listrik Roda Tiga Piaggio Ape

Hasilnya Piaggio Ape E-City dapat melaju hingga 45 km/jam dengan jarak mencapai 110 kilomter. Selain itu motor listrik roda tiga ini juga dapat melahap tanjakan dengan gradeability 19%.  Sementara untuk mengisi daya baterainya membutuhkan waktu 5 jam dari kosong hingga penuh.

Piaggio Ape ini sudah dijual dan dapat dibeli oleh konsumen. Pada model Piaggio Ape E-City dijual dengan harga Rp 115 juta. Sementara Piaggio Ape E-Xtra dijual dengan harga sebesar Rp 125 juta.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id