Aplikasi Ini Beri Tahu Pengendara Motor Listrik Lokasi SPKLU Terdekat

Aplikasi Ini Beri Tahu Pengendara Motor Listrik Lokasi SPKLU Terdekat

 

Saat ini yang ditakutkan sebagian pengguna motor listrik adalah habisnya daya saat tengah melakukan perjalanan dan susahnya mencari Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Namun, sekarang dengan aplikasi Google Maps, Anda bisa mencari lokasi SPKLU terdekat.

Sebelumnya, Google juga punya fitur yang memudahkan pemakai kendaraan dengan bahan bakar minyak dengan menyediakan fitur pencarian Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Sehingga, cara menggunakanya disinyalir akan sama.

     Baca Juga: Honda PCX Electric Ramaikan Touring Electric Vehicle Funday Bandung

SPKLU Google maps

Berikut cara menggunakan fitur Google Maps untuk mencari SPKLU:

1. Buka aplikasi Google Maps dan pastikan GPS Anda aktif.
2. Pililh lainya, kemudian pilih kategori Layanan. Nantinya, terdapat pilihan Pengisian daya kendaraan listrik.
3. Google Maps akan menampilkan titik keberadaan SPKLU, baik itu di sekitar lokasi atau jauh dari Anda. 
4. Langkah selanjutnya untuk mengetahui SPKLU tersebut yaitu dengan mengatur filter jarak dan waktu buka/beroperasi di bagian atas peta.
5. Hasilnya Google Maps akan memberi petunjuk arah ke lokasi SPKLU terdekat yang masih beroperasi.

Saat ini sudah ada 346 unit SPKLU yang tersebar di 295 lokasi di Indonesia. Dari total tersebut, untuk SPKLU yang dimiliki PLN berjumlah 150 unit atau 43 persen dari total di 117 lokasi. 

SPKLU Google maps

      Baca Juga: Motor Konversi Bakal Dapat Keterangan Khusus di STNK dan BPKB

Nantinya, Perusahaan Listrik Negara (PLN) menargetkan pembangunan SPKLU sebanyak 24.720 unit pada 2030.

"Kami harus membangun 24.720 SPKLU di tahun 2030 untuk mendukung kendaraan listrik yang ada di Indonesia. Kami membangun SPKLU untuk menghidupi kebutuhan charging bagi kendaraan listrik itu," kata Direktur Mega Proyek dan Energi Baru Terbarukan PLN, Wiluyo Kusdiwaharto dalam Seminar 100 Tahun Industri Otomotif Indonesia yang disiarkan di YouTube Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya, Selasa (11/10).

Sementara itu, jika dilihat dari situs resmi PLN biaya listrik per kWh ada di angka Rp1.352 hingga Rp1.699,52. Jika baterai motor listrik berkapasitas 1,5 kWh dan bisa menempuh jarak 40 km atau rata-rata hitungan konsumsi BBM 1 liter, maka dalam penggunaan yang setara, satu minggu hanya akan menghabiskan biaya sebanyak Rp 12.000 saja dan satu tahun ada di angka sekitar Rp 620.000.

 
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id