Harga Bensin Naik, Motor Listrik Bisa Jadi Alternatif, Ini Pilihannya

Harga Bensin Naik, Motor Listrik Bisa Jadi Alternatif, Ini Pilihannya

 

Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) berdampak ke sebagian besar pemilik motor yang menggunakan BBM jenis Pertalite. Dengan adanya kenaikan harga BBM, tentu akan membuat biaya pengeluaran kian meningkat. Motor listrik pun bisa dijadikan salah satu alternatif untuk menghadapi permasalahan tersebut.

Jika dihitung, penggunaan motor listrik bisa lebih efisien ketimbang motor bensin. Saat ini, ada sejumlah motor listrik yang sudah resmi meluncur dan dipasarkan di Indonesia. Harga serta fitur-fiturnya pun beragam. Berikut ini daftar motor listrik yang ada di Indonesia.

1. Smooth Tempur

Motor Listrik Smoot Tempur

Smoot Tempur belum lama ini menjadi salah satu merek motor listrik yang hadir di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022. Smoot Tempur dibekali motor listrik berkapasitas 1.500 W dan baterai lithium ion 64V 22,5 Ah dengan bobot sekitar 68 kg. Berbekal spesifikasi ini, Tempur bisa melaju dengan kecepatan maksimum 60 km/jam dan jarak tempuh hingga 60 kilometer.

   Baca Juga: Pantauan Harga Terbaru Kawasaki Ninja ZX-25R (September 2022)

Smoot Tempur dilengkapi sistem baterai tukar atau swap battery. Untuk melakukan penukaran baterai, Smoot didukung ekosistem SWAP Energi Indonesia yang kini sudah memiliki sekitar 600 titik SWAPPoin. Smoot Tempur dipasarkan dengan banderol sebesar Rp 16.500.000 on the road Jakarta. 

2. Gesits G1

Motor Listrik GESITS G1 IEMS 2021

Tampilan motor ini serupa dengan motor matic konvensional pada umumnya. Secara performa, Gesits dibekali baterai Li-NCM 72 Volt serta mesin BLDC Motor 2 kW rated/ 5 Kw Peak. Berkat sumber tenaga tersebut, jarak tempuh yang bisa dicapai sejauh 50 km dan kecepatan hingga 70 km/jam. Saat ini, harga motor listrik Gesits G1 dibanderol di angka Rp 28 jutaan.

3. Alva One

Motor Listrik Alva One

Motor ini dirilis dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang. Secara performa, Alva One dibekali motor listrik berkapasitas 4 kW dan baterai lithium 60V 45Ah. Torsi yang dihasilkan sebesar 48,5 Nm. Untuk mengisi dayanya dibutuhkan waktu selama sekitar 4 jam dari kosong hingga penuh.

Kecepatan maksimum motor ini mencapai 90 km/jam dan jarak tempuh hingga 70 kilometer. Alva One dilengkapi tiga mode berkendara, yakni Eco, Cruise, dan e-Sport. Ketiga mode tersebut berfungsi untuk mengubah pilihan kecepatannya. Alva One dibanderol sebesar Rp 34,9 juta on the road Jakarta. 

4. Volta Virgo

Volta Virgo Rilis Di IIMS 2022

Motor listrik asal Semarang, Jawa Tengah, Volta Virgo meluncur pertama kali di IIMS Hybrid 2022. Desain Volta Virgo ini cukup minimalis, bisa dilihat dari bentuk lampu depan yang sedikit lancip dan bodi belakang berbentuk kotak dengan lampu yang besar. Di segi performaVolta Virgo memakai baterai 60V 23Ah LiFePO4 dengan slot ganda.

   Baca Juga: Tips Lakukan Pengereman Motor Bagi Pengendara Pemula

Virgo diklaim bisa mencapai kecepatan 55 km/jam dan jarak tempuh 60 kilometer dengan baterai penuh. Selain itu, motor ini juga sudah mendukung fitur swapable baterai. Jadi, pengguna bisa dengan mudah menukar baterai apabila daya habis di swap point terdekat. Volta Virgo sendiri dijual seharga Rp 15.450.000 on the road Jakarta.

5. Minerva Electron

Minerva Electron

Motor ini juga dirilis dalam ajang GIIAS 2022 lalu. Minerva Electron dibekali performa dari baterai 64V/22,5Ah, motor listrik DC Brushless 1500W, dan Controller 18-Tube Electric. Berbekal spesifikasi ini, kecepatan maksimum yang bisa diraih mencapai 60 km/jam serta jarak tempuh 60 kilometer. Minerva Electron dipasarkan seharga Rp 16.500.000.

 
 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id