Layaknya Handphone, Baterai Motor Listrik Tak Boleh Dicas Sampai 100%

Layaknya Handphone, Baterai Motor Listrik Tak Boleh Dicas Sampai 100%
Sabtu, 15 Oktober 2022 14:30
Gemilang Isromi Nuar

Kendaraan listrik di Tanah Air kian menjamur, tapi dalam pengunaannya ada hal yang harus diperhatikan yaitu baterai. Layaknya BBM, baterai menjadi komponen penting dalam motor listrik sebagai sumber daya.

      Baca Juga: Siap Kawal KTT G20, Polri Jajal 88 Motor Listrik Energica EsseEsse9+

Baterai ABC untuk motor listrik

Menurut Marketing Director PT International Chemical Industry (ABC Battery), Hermawan Wijaya untuk pengisian daya atau charging dari baterai motor listrik jangan sampai penuh 100 persen. 

"Untuk metoda charge dengan 1C ke atas, tidak direkomendasikan di-charge sampai dengan 100%, cukup sampai 80%. Jika terus dilakukan, akan mempengaruhi (mengurangi) usia baterai," ujar Hermawan saat dihubungi OtoRider, Jumat (14/10).

       Baca Juga: Sambut KTT Presidensi G20 Bali, AHM Siapkan 20 Kendaraan Listrik

Motor listrik

Ia menambahakan, jika baterai dicas sampai 100% sebenarya tidak apa-apa, selama BMS berjalan dengan baik. BMS sendiri merupakan sistem elektronik yang berfungsi untuk mengatur, memonitoring, dan menjaga baterai dari kondisi yang berpotensi dapat merusaknya.

"Selama proteksi di BMS-nya bekerja dengan baik, dan sistem pengaturan fully charge bekerja, tidak apa-apa. Baterai juga sudah diperhitungkan oleh pabrikan battery pack dengan safety factor yang tepat," kata Hermawan.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.