CVT Vespa Matic Sering Timbul Bunyi Berdecit? Ternyata Ini Penyebabnya

CVT Vespa Matic Sering Timbul Bunyi Berdecit? Ternyata Ini Penyebabnya

 

Salah satu masalah yang sering terjadi di Vespa matic ialah timbul suara berdecit dari area CVT pada saat tarikan gas awal. Jika Vespa matic sudah mengalami hal tersebut, tentunya akan menganggu kenyamanan saat berkendara. Lantas, apa penyebabnya?

Fajri selaku Mekanik dari Bellissimo Indonesia menyebut bunyi decitan di Vespa matic sering terjadi. "Biasanya terjadi di Vespa matic yang keluaran terbaru yang sudah I-get. Kalau yang dulu kan masalahnya yang sering timbul itu gredek atau getar di bagian CVT," ucap Fajri saat ditemui OtoRider di Serpong, Tangerang Selatan.

   Baca Juga: Rutin Setel Celah Klep Bisa Bikin Motor Irit Bensin?

Vespa Matic Timbul Bunyi Berdecit? Ternyata Ini Penyebabnya

Menurut Fajri, suara berdecit yang timbul pada Vespa matic itu disebabkan oleh kampas ganda yang slip. "Kondisi kampas ganda yang seharusnya menekan dan memutar mangkok kampas ganda tapi malah slip, kondisi itulah yang menyebabkan timbul suara berdecit," ujar Fajri.

Ia menjelaskan Vespa matic sering berdecit lebih parah pada pagi hari ketika motor baru akan digunakan. "Pada saat pagi hari suara decitannya akan lebih terasa ketimbang saat motor sudah digunakan lama," jelasnya.

   Baca Juga: Jangan Asal Isi! Tekanan Angin Ban Soft Compound Berbeda

Kampas Ganda Pantekan Bisa Hilangkan Gredek di Motor Matic

Penyebab dari bunyi decit itu disebabkan oleh bahan kampas ganda yang kurang baik dan tapaknya kurang lebar. "Menurut pengalaman yang saya alami dengan mengganti kampas ganda dengan cara dipantek atau relining dan dibuat lebih lebar tapaknya, suara berdecit tersebut hilang. Berarti dari bahan kampas gandanya yang terlalu keras," terangnya.

 
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id