AISMOLI: Penjualan Motor Listrik Sudah Mencapai 48.000 Unit

AISMOLI: Penjualan Motor Listrik Sudah Mencapai 48.000 Unit
Jumat, 2 Juni 2023 11:15
Ruslan Abdul Gani

Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia (AISMOLI) mengklaim penjualan sepeda motor listrik di Indonesia telah mencapai 48 ribu unit. Angka ini didapat dan dikalkulasikan mulai dari 2019 hingga 2023.

Ketua AISMOLI, Budi Setiyadi mengatakan pada awal-awal hanya ada 9 APM motor listrik. Kini bertambah banyak hingga 52 APM pada 2023.

   Baca Juga: Lengkapi Lini Produk, Alva Rilis Cervo Harga Mulai Rp 37 Jutaan

"Di awal-awal itu memang saya kira mungkin masih sedikit, mungkin masih test the water, masyarakat masih coba-coba. Sekarang ini sudah mencapai untuk yang sepeda motor saja itu hampir 48 ribu kendaraan sepeda motor listrik yang sudah ada di masyarakat," ujar Budi dalam siaran langsung YouTube Kemkominfo TV beberapa waktu lalu.

Deretan Motor Listrik

Budi menjelaskan, peningkatan penjualan motor listrik didorong oleh implementasi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2019 tentang Program Kendaraan Bermotor Listrik (KBL) Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan. "Sejak diberlakukannya peraturan tersebut, perkembangan motor listrik makin terasa. Tak hanya dari penjualan yang naik, tetapi jumlah agen pemegang merek (APM) juga semakin bertambah," ucap Budi.

Selain itu, ada faktor pendorong lain seperti adanya Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) sebagai Kendaraan Dinas Operasional atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat. Lalu, pemerintah daerah juga semakin mendorong peralihan kendaraan bermotor bermesin pembakaran fosil ke kendaraan listrik.

Motor listrik

   Baca Juga: Alva Cervo Bisa Koneksi Smartphone, Ini 3 Keunggulannya

Menurut Budi, perkembangan ini memberikan dampak positif terhadap lingkungan serta mendorong pertumbuhan industri motor listrik di Tanah Air. "Saya kira kami dari asosiasi sangat berterima kasih kepada pemerintah, tidak hanya Perpres 55, tetapi juga ada Inpres 7 Tahun 2022 di mana di Inpres tersebut mengamanatkan kepada kantor-kantor pemerintah sampai dengan tingkat yang terbawah seperti Kabupaten itu segera menggunakan atau beralih dari mesin pembakaran fosil ke mesin-mesin listrik," jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2023. Otorider.com. All rights reserved.