Demi Penyebaran SPBKLU, PLN Harapkan Penyeragaman Dimensi Baterai

Demi Penyebaran SPBKLU, PLN Harapkan Penyeragaman Dimensi Baterai
Senin, 5 Juni 2023 13:00
Benny Averdi

Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang ketenagalistrikan, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) tentunya sangat antusias dengan penggunaan kendaraan listrik (EV) di Indonesia. Salah satu bentuk penerapannya dengan penyebaran Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU).

"Kami mendukung program elektrifikasi yang dicanangkan pemerintah, namun pada pelaksanaannya tentu PLN tidak bisa sendirian, harus ada pihak lain yang bisa bekerjasama," terang Wilfrid Siregar, Senior Officer Penjualan Direktorat Niaga Pusat PLN Indonesia saat press conference di Kemayoran, Jakarta beberapa waktu lalu.

   Baca Juga: Harga Honda Scoopy dan Yamaha Fazzio per Juni 2023, Lebih Mahal Mana?

Saat ini, sudah ada kerja sama dengan pihak swasta untuk penyediaan SPBKLU. "Namun, untuk sistem penukaran baterai ini, ada beberapa merek yang sama dimensi baterainya, tetapi masih banyak yang berbeda," ungkapnya.

Menurut Wilfrid, akan sangat membantu sekali dalam penyebaran SPBKLU jika produsen motor listrik menggunakan dimensi dan konektor baterai yang sama. Sehingga, akan lebih banyak lagi yang dapat menggunakan unit mesin SPBKLU.

   Baca Juga: Konsorsium Pengguna Swap Battery Kini Bertambah Menjadi 21 Anggota

Tentu itu bukan hal mustahil, karena konsep baterai yang berdimensi dan konektor yang sama sudah diterapkan oleh empat pabrikan besar asal Jepang, melalui sebuah konsorsium. Mereka mendirikan sebuah perusahaan khusus guna membuat baterai yang bisa dipakai oleh masing-masing merek motor tersebut.

Beberapa waktu lalu, hal seperti itu sempat diungkapkan pula oleh Budi Setyadi selaku Ketua Umum AISMOLI di sela ajang Seminar dan Talk Show di IIMS 2023. "Sebaiknya, motor listrik sistem battery swap menggunakan satu ukuran baterai atau dimensinya sama, yang bisa digunakan beberapa merek motor listrik," ujarnya di Kemayoran, Jakarta.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.