Dorong Ekosistem Kendaraan Listrik, Pertamina dan PLN Bentuk AEML

Dorong Ekosistem Kendaraan Listrik, Pertamina dan PLN Bentuk AEML
Selasa, 25 Juli 2023 12:15
Thio Pahlevi

OTORIDER - Asosiasi Ekosistem Mobilitas Listrik (AEML) resmi terbentuk melalui kolaborasi sejumlah perusahaan BUMN seperti Pertamina dan PLN serta pihak swasta. AEML diklaim hadir seiring dengan tingginya minat masyarakat menggunakan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).

Dannif Danusaputro selaku Ketua AEML periode 2023-2027 sekaligus CEO Pertamina New & Renewable Energy (Pertamina NRE) memberikan penjelasan terkait terbentuknya asosiasi tersebut. Tujuan kehadiran AEML merupakan wadah bagi para pionir di industri kendaraan listrik serta industri pendukungnya, guna mengkatalisasi perkembangan ekosistem mobilitas listrik kelas dunia di Indonesia.

   Baca Juga: Terkuak! Ternyata Ini Penyebab Umur Aki Jadi Lebih Pendek

"AEML ini adalah ekosistem. Kami bukan penjual kendaraan listrik, tetapi bagaimana asosiasi ini menciptakan ekosistem," kata Dannif dalam sesi media gathering serta diskusi seputar kendaraan listrik, di Jakarta pada Senin (24/7).

Asosiasi Ekosistem Mobilitas Listrik (AEML)

Anggota AEML sendiri saat ini terdiri dari sekitar 16 perusahaan. Di antaranya adalah Adaro Power, ELECTRUM, Volta, GOTO GOJEK Tokopedia, ALVA, Indonesia Battery Corporation, OYIKA, Operator Kendaraan Listrik Indonesia, PLN, Pertamina Power Indonesia, SwapID, TBS Energi Utama, VIAR, Utomo Chargeplus Indonesia, Sepeda Untuk Indonesia (grup GRAB), dan Wika Industri Manufaktur (Gesits).

   Baca Juga: Banyak Digunakan, Berikut Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED di Motor

"Kami melihat, untuk ekosistem itu tidak hanya dari sisi suplai, tapi juga demand. Kita tahu kebanyakan asosiasi mewakili suplai motor-mobil listrik. Kami ingin tekankan, untuk terjadi demand yang sustain, harus ada ekosistem yang berjalan," ujar Dannif. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.