Terkuak! Ternyata Ini Penyebab Umur Aki Jadi Lebih Pendek

Terkuak! Ternyata Ini Penyebab Umur Aki Jadi Lebih Pendek
Sabtu, 22 Juli 2023 20:45
Afrizal Abdul Rahman

OTORIDER - Aki umumnya memiliki usia pakai yang tergolong panjang, bisa 1-2 tahun lamanya. Namun, umur aki bisa lebih cepat dari yang diperkirakan. Lantas, apa penyebabnya?

Menurut Muksin dari Team FAST, banyak faktor yang menyebabkan aki cepat habis. Di antaranya karena masalah pada kelistrikan kendaraan. "Kalau kelistrikan tidak baik juga bisa menyebabkan umur aki jadi lebih pendek," ucapnya.

   Baca Juga: Bursa Pembalap KTM di MotoGP, Pol Espargaro Optimistis Bertahan

Sementara itu, Hadi selaku Direktur Utama PT Wacana Prima Sentosa memberi penjelasan. "Secara teknis begini, kalau arusnya tidak baik, maka aki bisa bocor dan konsekuensinya usia akan lebih pendek," ujarnya.

   Baca Juga: Mau Pasang Kampas Rem Baru di Motor? Perhatikan Dulu Hal Ini!

Guna memastikan kualitas tetap baik, Muksin mengimbau untuk secara berkala mengecek tegangan aki di bengkel terdekat. Ketika pengisian di atas angka normal atau di bawahnya, bisa menjadi ciri adanya kerusakan.

"Ketika sudah ada masalah, pasti usia aki akan jadi lebih pendek, tidak sampai satu tahun. Itu bisa terjadi karena masalah pada aki itu sendiri atau yang lainnya," jelas Muksin. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.