Subsidi Motor Listrik Sepi Peminat, IMI Minta Pemerintah Evaluasi

Subsidi Motor Listrik Sepi Peminat, IMI Minta Pemerintah Evaluasi
Sabtu, 3 Juni 2023 08:00
Ruslan Abdul Gani

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo angkat bicara soal kebijakan pemberian subsidi sebesar Rp7 juta untuk pembelian sepeda motor listrik dan motor konversi. Pasalnya, kebijakan tersebut masih berjalan lambat. Hal ini terbukti dari jumlah peminat motor listrik bersubsidi dan motor konversi yang masih minim.

"Diketahui peminat kendaraan listrik masih minim, dari target 50.000 pengajuan konversi motor listrik, baru 200 pendaftar pada tahun 2003," kata Bamsoet, Rabu (31/5) dikutip dari Antara.

   Baca Juga: Sisa Biaya Subsidi Konversi Motor Listrik Bisa Dicicil

Detail Tampilan Gesits Raya E

Maka dari itu, Bamsoet meminta pemerintah mengevaluasi secara keseluruhan terkait insentif kendaraan listrik sejak kebijakan tersebut mulai diberlakukan.

Mulai dari memperbaiki target kebijakan insentif kendaraan listrik, agar targetnya bisa lebih difokuskan untuk masyarakat yang benar-benar membutuhkan bantuan, seperti bagi angkutan umum bus kota dan sebagainya, serta untuk sepeda motor dengan jenis-jenis yang ditetapkan.

Menurut Bamsoet tujuan pemberian subsidi itu sebetulnya baik untuk mendorong adopsi kendaraan listrik dan menarik investasi. Makanya, Bamsoet juga meminta pemerintah harus bisa terus mensosialisasikan pemberian subsidi ini kepada masyarakat luas.

Tips Minimalisir Biaya Konversi Motor Listrik

   Baca Juga: Motor Listrik Murah Beredar, AISMOLI Imbau APM Tak Produksi Asal-Asalan

"Pemerintah di tahun 2023 tetap menyosialisasikan tujuan dari kebijakan insentif kendaraan listrik kepada masyarakat," ujarnya.

Tujuan dari sosialisasi itu untuk mendorong kebijakan tersebut tetap dapat berjalan dan minimal mampu mendekati target yang ditetapkan di tahun 2023.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.